oleh

TNWK dan Polri Selidiki Kematian Gajah di Way Kambas

radarlampung.co.id – Seekor gajah betina yang mati oleh pemburu liar di dalam kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, masih dalam penyelidikan pihak TNWK.

Hubungan Masyarakat (Humas) TNWK Lampung Timur, Sukatmoko mengatakan, pihaknya bersama Polri hingga saat ini masih melakukan penyelidikan upaya untuk mengungkap gajah yang mati oleh pemburu yang tidak bertanggung jawab.

“Hingga saat ini kami masih melakukan penyelidikan mas bersama Polri dan masyarakat sekitar. Apalagi ini sudah salah satu atensi Wakapolda Lampung,” ujarnya kepada radarlampung.co.id, Kamis (1/3).

Menurutnya, pihaknya juga selalu melakukan penjagaan dan pengawasan terhadap Way Kambas. Ia juga mengatakan, Way Kambas juga terbuka untuk umum dan siapapun saja bisa masuk.

“Kami selalu melakukan penjagaan dan pengawasan, cuma namanya pemburu liar lebih pintar mereja apa lagi di wilayah kampung. Dan Way Kambas ini selalu terbuka untuk umum, oleh karena itu para pemburu bisa masuk melalui pintu mana saja,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar bahwa pentingnya menjaga hutan dan para binatang yang dilindungi.

“Kami juga sering lakukan sosialisasi kepasa warga sekitar bersama masyarakat juga kami sering kerjasama. Dengan adanya ini, mudah-mudahan ini yang terakhir dan bisa segera kita ungkap,” urainya.

Terpisah Waka Polda Lampung Brigjen Angesta Romano Yoyol mengatakan, pembunuhan gajah di Way Kambas tersebut pihaknya sudah memeriksa beberapa saksi.

“Ini tidak sembarangan, biasanya para pelaku pemburu liar mereka sudah mengetahui seluk beluknya Way Kambas. Jadi tidak semudah itu mereja memburu gajah. Kasus ini juga masih kami dalami dan mudah-mudahan cepat terungkap,” terangnya. (adm/ang)

Komentar

Rekomendasi