oleh

Duh, Bandara Raden Inten II Kurang Alat Ini, Makanya Pesawat Balik Lagi Kalau Ada Kabut..

radarlampung.co.id – Menuju status bandara internasional, Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan, nampaknya masih jauh. Sebab, ada beberapa alat yang masih belum dimiliki diantaranya alat Instrument Landing System (ILS).

Ya, ILS atau lampu untuk menembus kabut berfungsi untuk pesawat yang akan landing disetiap bandara. Sementara itu, Bandara Radin Inten II hingga saat ini belum memiliki alat tersebut.

Dikonfirmasi radarlampung.co.id, Hubungan Masyarakat (Humas) Bandara Radin Inten II, Wahyu Arya Sakti membenarkan bahwa sejak berdirinya Bandara Radin Inten II hingga saat ini belum memilik alat yang dinamakan ILS.

“Alat itu semacam lampu, walaupun kabut setebal apapun dia akan tembus. Dan nantinya alat tersebut diletakan di pinggir-pinggir runway,” jelasnya, Selasa (2/3).

Selain itu, lanjut Wahyu, alat lampu tersebut memiliki harga yang sangat tinggi. Ia mengatakan, jika ingin memiliki alat tersebut maka harus mengeluarkan biaya sebesar Rp12 miliar untuk satu paket.

“Memang dari awal berdirinya bandara ini belum ada. Tapi kita sudah coba mengajukan pengusulan, namun hingga saat ini belum direalisasikan oleh Kemenhub,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk sementara ini Bandar yang belum memiliki ILS maka setiap pesawat yang akan landing jika ada kabut terpaksa akan memutar sebanyak satu hingga dua kali.

“Kalau ada kabut dengan jarak tembus 100 meter hingga 200 meter maka tidak akan terlihat. Untuk mengatasinya maka pesawat tersebut akan memutar satu hingga dua kali. Jika tidak tembus juga terpaksa pesawat akan balik lagi tempat asalnya. Sebenarnya mudah saja pakai ILS, cuma kan kita belum ada,” terangnya. (adm/gus)

Komentar

Rekomendasi