oleh

Banjir Lamtim Rendam 2.797 Hektar Sawah

radarlampung.co.id -Bencana banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Lampung Timur mengakibatkan 172 hektar areal persawahan mengalami kegagalan panen (puso).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Lampung Timur M.Yusuf HR menjelaskan, dari data sementara luas areal pertanian yang terendam akibat banjir mencapai 2.797 hektar.

“Itu baru data sementara, karena belum data masuk,” jelas M.Yunus usai mengikuti rapat koordinasi di ruang kerja Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Timur Zaeful Bokhari, Jumat (2/3).

Dilanjutkan, setelah data dampak banjir masuk maka Pemkab Lamtim melalui Dinas Pertanian dan Pangan akan mengajukan usul bantuan benih kepada pemerintah pusat.

Untuk diketahui, banjir di wilayah Lamtim mengakibatkan ribuan hektar areal pertanian dan ratusan penduduk yang tersebar di 5 kecamatan terendam. Masing-masing, di Kecamatan Sukadana, Batanghari, Bumiagung, Way Bungur dan Margatiga.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Timur Zaeful Bokhari menjelaskan, selain membahas upaya penyaluran bantuan bagi warga yang mengalami kegagalan panen. Rapat koordinasi tersebut juga membahas langkah penanganan pasca banjir. Antara lain terkait, infrastruktur dan rumah penduduk yang mengalami kerusakan serta pelayanan kesehatannya.

“Kami akan berupaya agar pasca banjir, tidak mengganggu perekonomian masyarakat,”jelas Zaeful usai rapat koordinasi dengan para kepala organisasi perangkat daerah serta perwakilan dari Polres dan TNI. (wid/ang)

Komentar

Rekomendasi