oleh

Masyarakat Bisa Pelihara Hewan Liar Asalkan ada Surat Izin Penangkaran

radarlampung.co.id – Satwa liar yang dilindungi maupun tidak dilindungi ternyata dapat dipelihara oleh masyarakat biasa. Hal itu dikatakan Kepala Kesatuan Pengelokaan Hutan Krakatau (KPHK), Saturnino Xavier kepada radarlampung.co.id, Sabtu (3/3).

Menurut Xavier, masyarakat bisa saja memelihara satwa liar yang dilindungi maupun tidak dilindungi asalkan dengan konsep harus memiliki surat izin. Surat izin yang dikeluarkan tersebut ada dua yakni dari Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Kalau satwa yang dilindungi masyarakat ingin memelihara berarti surat izinnya yang mengeluarkan Dirjen. Tapi kalau satwa yang tak dilindungi izin penangkarannya yang mengeluarkan BKSDA,” jelasnya, Sabtu (3/3).

Ia menambahkan, meskipun satwa liar dan tidak dilindungi untuk terkait konservasinya dan penyelamatan hingga perlindungannya tetap dilakukan oleh BKSDA. Sebab katanya, jika satwa liar salah mengurus bisa berbahaya terhadap warga sekitarnya.

“Makanya sifat kami hanya penyelamatan dan perlindungannya. Karena kalau salah memelihara takut terjadi hal-hal. Jika ingin memelihara bisa saja, asalkan ada izin penangkarannya,” ujarnya. (adm/ang)

Komentar

Rekomendasi