oleh

Ini Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

radarlampung.co.id – Ternyata, minyak kelapa tak hanya berguna untuk memasak. Tetapi juga memiliki ragam manfaat bagi kesehatan.

Sebab, minyak kelapa memiliki kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama sekitar 12 bulan. Kendati sangat baik digunakan ketika memasak, sebaiknya hindari penggunaan berulang. Karena khasiat yang ada di dalamnya sudah memudar.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (2/3), ada sepuluh manfaat yang bisa diambil dari minyak kelapa. Apa saja?

  1. Tingkatkan Metabolisme
    Sejumlah penelitian telah menunjukkan penggunaan minyak kelapa untuk memasak dapat meningkatkan metabolisme rata-rata 5 persen. Jika membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, maka minyak kelapa bisa mendukung untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

  2. Melindungi dari Kuman
    Minyak kelapa kaya akan asam laurat, yang merupakan pembunuh kuman yang efektif bila dioleskan secara eksternal ke kulit. Saat mengonsumsinya, minyak kelapa juga efektif menghancurkan patogen berbahaya di pencernaan.

  3. Mengembangkan Otot
    Minyak kelapa kaya akan trigliserida rantai menengah (MCT), yang tidak hanya meningkatkan metabolisme, tapi juga meningkatkan massa otot. Cukup gunakan 3 sendok teh minyak kelapa setiap hari.

  4. Mengurangi Nafsu Makan
    Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak kelapa dapat mengurangi nafsu makan karena asam kapat di dalamnya yang melimpah.

  5. Menangkal Penyakit Alzheimer
    Baru-baru ini ditemukan bahwa otak memproduksi insulin sendiri untuk memanfaatkan glukosa dalam darah. Mereka yang menderita penyakit Alzheimer kehilangan kemampuan ini. Konsumsi minyak kelapa secara teratur dapat melindungi otak secara efektif dari gejala Alzheimer yang berbahaya.

  6. Memperbaiki Memori
    Tambahkan minyak kelapa ke makanan karena MCT dalam minyak kelapa adalah lemak sehat untuk otak dan dapat memperbaiki ingatan.

  7. Baik untuk Kesehatan Pankreas
    Minyak kelapa adalah minyak yang mudah dicerna, secara teratur mengurangi beban pada pankreas dan kantong empedu sehingga memperbaiki fungsinya dari waktu ke waktu.

  8. Memperbaiki Pencernaan
    Minyak kelapa baik untuk saluran pencernaan karena tidak hanya meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak dari makanan, tapi juga meningkatkan kualitas bakteri usus.

  9. Meningkatkan Kesehatan Mulut
    Oleskan minyak tertentu di mulut, di seluruh gigi dan gusi, setidaknya selama 20 menit. Langkah ini dapat memperbaiki kesehatan mulut serta menyembuhkan sariawan.

  10. Meningkatkan Kualitas Kilau Rambut
    Minyak kelapa baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa minyak kelapa merupakan tabir surya yang efektif. Bisa menangkal sinar UV dari matahari hingga 20 persen serta mencegah kerontokan rambut. (ika/JPC/ang)

Komentar

Rekomendasi