oleh

Ini Rencana Pemkab Tubaba Atasi Banjir

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) berencana perkuat infrastruktur dengan membangun beberapa ruas jalan, khususnya untuk penanggulangan bencana banjir.  Upaya yang dilakukan antara lain membangun jalan yang menghubungkan Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tubaba dengan SP-5 Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar, Kabupaten Way Kanan.

Tidak hanya itu, Pemkab Tubaba juga berencana membangun sejumlah ruas jalan lainnya yang kini tergenang banjir sehingga dapat leluasa dilintasi masyarakat. Kepastian pembangunan ini diungkapkan Bupati Tubaba Umar Ahmad, S.P. saat mengunjungi lokasi banjir Panaragan-Negeri Besar, Rabu (7/3).

Kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tubaba, Umar Ahmad meminta agar memantau seluruh jalan-jalan penghubung antara satu tiyuh dengan tiyuh lainnya. “Intinya jangan sampai jalan terputus, mintakan ke BPBD agar nantinya bisa bantu jika memang dibutuhkan,”ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Tubaba ini juga berharap masyarakat yang ada di pinggiran sungai dapat waspada karena curah hujan saat ini masih cukup tinggi. “Sebaiknya ada ronda rutin setiap malam sehingga pergerakan air terpantau, selain itu komunikasi dan kordinasinya juga harus cepat, jadi saat terjadi bencana bisa langsung terpantau,”jelas Umar.

Untuk aparatur Tiyuh dan Kecamatan, Umar menekankan agar selalu berkoordinasi dengan masyarakat, sehingga berbagai kendala dapat ditangani secara cepat dan tepat. “Kalau di masing-masing tiyuh tidak mampu lagi, segera koordinasikan ke OPD yang menanganinya,”tutup Umar saat berkeliling memantau banjir kemarin. (fei/ynk)

 

 

 

Komentar

Rekomendasi