oleh

Tekab 308 Polres Tuba Buru Pelaku Pencuri Sapi

radarlampung.co.id – Tim Anti Bandit (Tekab 308) Polsek Tulangbawang Udik (Tuba Udik) terus melakukan pengejaran terhadap Sarno warga Margomulyo, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba).

Kapolres Tuba AKBP Raswanto Hadiwibowo, melalui Kapolsek Tuba Udik Iptu Aladain Effendi mengatakan, timnya memang terus melakukan pengejaran terhadap Sarno yang diduga menjadi penadah sapi dan kerbau hasil curian tersebut.

Sebab berdasarkan keterangan empat tersangka yang diamankan hari Senin (5/3), semua hasil curian baik berupa Sapi dan Kerbau dibeli oleh Sarno. Karenanya pihaknya kini tengah mencari barang bukti berupa mobil truk yang biasa digunakan tersangka yang masuk dalam daftar pencarian orang ini ke berbagai tempat. “Tapi semuanya kabur, namun anak dan istrinya masih di sini,” terang Aladin, Kamis (8/3).

Hingga kemarin, keterangan para tersangka yang telah diamankan masing-masing mendapatkan uang Rp3 juta per orang. Uang tersebut diberikan tersangka melalui beberapa tahap, diantaranya ada yang diberikan langsung dan ada pula yang diberikan melalui transfer. “Rata-rata masing-masing orang ada Rp3 juta, ini pengakuan mereka. Diperkirakan lebih, tapi mereka belum mau mengakuinya,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak empat dari lima orang yang diduga sebagai tersangka pencurian sapi milik Darki (50) warga Tiyuh Persiapan Karta Tanjung Selamat terpaksa meringkuk di hotel prodeo Mapolsek Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba).

Mereka ditangkap berdasarkan laporan korban dengan nomor Lp/B-25/III/2018/Polda Lampung/Res Tuba/Sek Tuba Udik tertanggal 05 maret 2018 yang kehilangan tiga ekor sapi di kandang miliknya pada Senin (5/3) lalu.

Keempat tersangka yang ditangkap kemarin adalah Sarnubi (22) warga Tiyuh Gedung Ratu, Tuba Udik, Tubaba. Rusli (31) warga Desa Karang Sari, RT 03 RT 02 Kecamatan Muara Sungkai, Lampung Utara.Kemudian Wi (17) warga Tiyuh Gunung Katun Rk 02, Kecamatan Tuba Udik, Tubaba.

Tarmizi (42) warga Desa Karang Sari Rk 01 Rt 02 Kecamatan Muara Sungkai, Kabupaten Lampung Utara. Hingga kemarin malam, Polisi telah meminta keterangan sejumlah saksi yaknu Darwin (25) warga Tiyuh Karta Tanjung Selamat. Suwandi (56) Tiyuh KartaTanjung Selamat RT 05 RW 03 Tubaba.

Kapolres Tuba AKBP Raswanto Hadi Wibowo melalui Kapolsek Tuba Udik, Iptu Aladin Efendi Lubay mengatakan, sekitar Pukul 00.30 WIB korban atas nama Darki memerintahkan Darwin yang merupakan anak korban untuk memberikan makan tiga ekor sapi yang terdiri atas satu jantan dan dua ekor betina dalam sebuah kandang.

Setelah itu, Darwin meminta izin kepada korban untuk bertandang ke rumah Suwandi dengan posisi korban sedang berada di dalam rumah menonton televise. Kemudian, sekitar Pukul 01.00 WIB terjadi pemadaman listrik dengan kondisi hujan cukup deras.

Namun sekitar Pukul 01.30 WIB listrik kembali menyala dan korban mengecek ke kandang sapi dan didapati tiga ekor
sapinya sudah tidak ada lagi di dalam kandang. Melihat hal itu, korban pun berlari ke rumah Darwin sembari berteriak bahwa sapinya telah hilang.

Mendengar teriakan tersebut, korban dan masyarakat berusaha mencari keberadaan sapi milik Darki. Naasnya ketika sampai di jalan raya Tiyuh Karta didapati oleh masyarakat dua orang orang laki-laki yang sedang mengunakan kendaraan jenis Honda revo diperkirakan sebagai pelaku pencurian hewan tersebut.“Dua orang itu adalah Rusli dan Tarmizi. Saat itu juga masyarakat menghubungi anggota Polsek Tuba Udik yang kemudian langsung datang ke Tiyuh Karta guna menemui kedua orang tersebut. Kemudian keduanya dibawa anggota saya ke Polsek Tuba Udik dan dilakukan introgasi,” kata dia.

Hasilnya kedua tersangka mengakui jika mereka yang telah mencuri hewab ternak milik korban sembari memberitahukan bahwa masih ada dua orang rekannya yang juga melakukan pencurian yakni atas nama Sarnubi dan Wi. Saat itu juga
anggota Polsek Tuba Udik melakukan penangkapan terjadapSarnubi dan Wi. “Namun keduanya ini berusaha kabur, sehingga dilakukan penindakan terarah dan terukur,” pungkasnya. (fei/ang)

Komentar

Rekomendasi