oleh

BEI Sasar Masyarakat Desa Tingkatkan Literasi Saham

radarlampung.co.id—Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Lampung perlahan berhasil memberikan literasi saham kepada masyarakat. Hal ini terlihat dari semakin bertumbuhnya total investor pada kuartal I 2018 sudah mencapai 5.949 investor.

Head Of Representative Office Lampung Hendi Prayogi mengatakan, penambahan investor Januari dan Februari 2018 mencapai 253 investor, sedangkan Januari dan Februari 2017 capaian 190 – 200 investor. Di banding dengan tahun lalu, pertumbuhan investor jauh lebih baik.

“Faktor yang membuat pertumbuhan investor setiap tahun meningkat, karena masyarakat sudah mulai sadar investasi khususnya investasi saham,”ujar Hendi.

Dibanding tiga atau empat tahun lalu masyarakat Lampung masih belum terlalu kenal dengan Pasar Modal, saat ini dengan pengetahuan masyarakat tetang saham semakin luas dan tentu hal ini berimbas pada investor yang akan semakin meningkat.

Untuk upaya kegiatan yang dilakukan,  jika dibandingkan tahun sebelumnya hanya fokus di kegiatan Edukasi dan Sosialisasi dikalangan pemerintah, swasta dan mahasiswa. Tetapi untuk tahun 2018 tetap dengan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi saham tetapi perbedaannya akan menyasar ke semua kalangan, termasuk untuk masyarakat yang berada di wilayah perdesaan.

Sebagai upaya langkah awal, nanti direncanakan pada 5 Mei 2018 akan diresmikan Desa Nabung Saham. “Adanya kegiatan tersebut ialah untuk bertujuan masyarakat paham akan investasi saham, karena kita tau masyarakat desa itu bukan tidak mempunyai uang tetapi belum tau investasi saham itu apa,”jelas Hendi saat ditemui dikantor Perwakilan BEI Lampung, Jl. Jendral Sudirman Tanjung Karang Pusat saat radarlampung.co.id, Jum’at (9/3).

Selanjutnya target di 2018 penambahan investor 1.900 investor baru, tetapi sampai dengan Februari baru tercapai 253 Dua bulan ini.

Selanjutnya,  upaya lainnya agar masyarakat lebih paham tetang investasi saham ialah penambahan galeri investasi di kampus yaitu dengan membuka Bursa Efek Mini untuk para mahasiswa. “Nantinya dua kampus yang kita resmikan di tahun ini ialah Universitas Saburai dan IAIN Metro, jadi sebelumnya ada Empat galeri dan bertambah Dua menjadi Enam galeri,”ungkapnya

Selanjutnya untuk masyarakat yang ingin mengenal Pasar Modal, Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Lampung mengadakan, Yuk Belajar Saham dengan Sekolah Pasar Modal dengan cara bisa langsung datang ke kantor Bursa Efek (BEI) perwakilan lampung.

“Untuk pelatihan dan sosialisasinya akan dibuka untuk umum dan gratis,”tambahnya.

Untuk jadwal Yuk Belajar Saham dibuka setiap hari Rabu Jam 10.00 WIB, sesi Dua Jam 15.00 WIB. Untuk Sekolah Pasar Modal di bulan ini tanggal 24 Maret dari jam 09.00 – 16.00 WIB dengan Materi membahas tentang Pasar Modal.(hen/ynk)

Komentar

Rekomendasi