oleh

Enam Kecamatan di Lamteng Endemik DBD

radarlampung.co.id – Enam kecamatan di Lampung Tengah menjadi wilayah endemik demam berdarah dengue (DBD). Yakni Trimurjo, Kalirejo, Terbanggibesar, Terusannunyai, Gunungsugih, dan Kotagajah.

Plt. Kadiskes Lamteng Hairul Azman mengatakan bahwa pada musim penghujan sekarang ini masyarakat harus mewaspadai DBD. “Kami minta masyarakat waspada DBD pada musim penghujan sekarang ini. Terutama di enam kecamatan yang endemik DBD. Yakni Trimurjo, Kalirejo, Terbanggibesar, Terusannunyai, Gunungsugih, dan Kotagajah,” katanya.

Sejauh ini, kata Hairul, Diskes Lamteng belum menerima laporan warga yang terjangkit DBD. “Kalau laporan ke kita belum ada. Tapi, kita terus edukasi masyarakat tentang bahaya dan cara pencegahan penyakit DBD. Edukasi melibatkan tenaga kesehatan puskesmas yang ada di masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Guna menghindari terjangkitnya DBD, kata Hairul, masyarakat harus dapat lebih meningkatkan kebersihan diri dan rumah tempat tinggal. “Nyamuk penyebab DBD cenderung berkembang biak di tempat-tempat bak penampungan air yang bersih. Makanya masyarakat harus menjaga kebersihan rumahnya melalui 3M Plus. Yakni mengubur, menguras, dan menutup bak penampungan air yang menjadi penyebab sarang nyamuk,” ungkapnya.

Ciri-ciri gejala DBD, kata Hairul, penderita akan mengalami demam tanpa sebab dan pergelangan tangan dipegang kuat akan terlihat bintik-bintik merah. “Bintik merah itu menandakan sudah terjadi pendarahan di bawah kulit. Kemudian gejala lainnya, penderita DBD dapat mengalami mimisan. Jika sudah ada gejala seperti ini, segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat, baik puskesmas maupun rumah sakit. DBD termasuk penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian jika terlambat dalam penanganan,” ingatnya. (sya)

Komentar

Rekomendasi