oleh

Manchester United Taklukkan Liverpool FC

radarlampung.co.id – Umpan jauh menjadi senjata mematikan bagi Manchester United saat membungkam Liverpool di Old Trafford, Sabtu (10/3) malam WIB. Setan Merah – julukan Man United, meraih kemenangan tipis 2-1 dalam laga seru yang dipimpin wasit Craig Pawson tersebut.

Dua gol Man United lahir dari skema yang sama yakni umpan jauh. Hebatnya, dua gol tersebut dicetak oleh penyerang muda Marcus Rashford. Ya, Rashford layak mendapat predikat pahlawan berkat brace-nya ke gawang The Reds – julukan Liverpool.

Bagi Rashford, dia bisa dibilang memecah telur. Maklum saja, dari 4 perjumpaan sebelumnya dengan Liverpool, dia tak pernah menodai gawang mereka. Baru pada pertemuan kelima, Rashford mampu membobol gawang Liverpool, dan sekaligus langsung dua gol.

Gol pertama tercipta pada menit 14. Kiper David De Gea melepaskan umpan jauh lewat tendangan gawang. Bola mampu disundul Romelu Lukaku dan bergulir ke arah pertahanan Liverpool. Bola tersebut mengarah ke Rashford yang mampu menguasainya. Dia menggiring bola masuk ke area penalti The Reds.

Sebelum melepaskan tembakan lengkung, Rashford terlebih dahulu mengecoh bek kanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold. Rashford melepaskan tendangan lengkung dan gagal dijangkau kiper Loris Karius. Man United memimpin 1-0.

Gol tersebut memacu motivasi para pemain Man United. Dimotori Juan Mata dan Alexis Sanchez yang lebih sering beroperasi di tengah, berkali-kali Man United mengancam gawang Liverpool. Gol kedua pun lahir pada menit 24 atau selang 10 menit dari gol pertama.

Uniknya, skema nyaris sama. De Gea melepaskan tendangan gawang jauh dan kembali bola diamankan oleh Lukaku. Penyerang asal Belgia itu lantas bermaksud menyodorkan bola ke Juan Mata. Bola liar membentur kaki Virgol van Dijk dan mantul ke arah berbeda. Celakanya, di sana muncul Rashford yang langsung menghantam bola dengan tendangan keras. Karius lagi-lagi gagal mengantisipasi arah bola. Man United unggul 2-0 pada menit 24.

Dua gol dalam tempo yang relatif singkat membuat Man United semakin nyaman. Praktis di babak pertama, mereka terbilang dominan. Baik dalam penguasaan bola maupun jumlah serangan. Babak pertama pun diakhiri dengan skor 2-0 bagi Red Devils.

Rashford mencatat rekor apik. Enam dari 15 gol di Premier League dia bukukan ke gawang tim yang masuk the big six. Artinya, Rashford telah menjelma menjadi striker yang bersinar ketika tampil dalam laga besar.

Pada babak kedua, Liverpool menunjukkan permainan yang berbeda. Mereka lebih tenang dan menyerang secara rapi. Bahkan, Roberto Firmino cs mampu berani dominan dalam penguasaan bola. Babak kedua bisa dibilang mutlak menjadi milik Liverpool.

Hanya saja, dari sekian banyak peluang, Liverpool hanya mampu mencetak satu gol. Itu setelah Eric Bailly melakukan gol bunuh diri pada menit 66. Umpan silang Sadio Mane hendak dihalau oleh Bailly. Namun, sapuan bola dengan kaki kiri Bailly tak sempurna dan bola justru mengarah ke gawang sendiri. De Gea yang kaget gagal mengamankan bola.

Toh, itu satu-satunya gol yang diciptakan Liverpool. Meski dominan sepanjang babak kedua, The Reds tak mampu menambah keunggulan. Bahkan, pada 15 menit terakhir, permainan lebih banyak di area pertahanan Man United atau setengah lapangan. Liverpool terus menekan dan membuat Man United hanya bisa melakukan serangan balik. Beruntung, lini pertahanan Red Devils lebih disiplin. Itu tak lepas taktik Mourinho yang menumpuk banyak pemain di lini pertahanan.

Hingga laga berakhir, skor 2-1 untuk Man United tak berubah. Kemenangan tersebut memantapkan posisi Man United di peringkat kedua. Mereka pun menjauh dari kejaran Liverpool yang tertahan di posisi ketiga. Man United memenangi laga ke-170 kontra Liverpool di ajang liga. Total, Man United menang 68 kali, Liverpool menang 55 kali, dan 47 laga berakhir imbang.

Manchester United 2-1 Liverpool
(Marcus Rashford 14, 24 – Eric Bailly 66-og)
SUSUNAN PEMAIN
Manchester United: 1-De Gea, 3-Eric Bailly, 12-Chris Smalling, 18-Ashley Young, 25-Antonio Valencia, 8-Mata (14-Jesse Lingard 88), 31-Nemanja Matic, 39-Scott McTominay, 7-Alexis Sanchez (36-Matteo Darmian 90), 9-Romelu Lukaku, 19-Marcus Rashford (27-Marouane Fellaini 70)
Manajer: Jose Mourinho

Liverpool: 1-Loris Karius, 4-Virgil van Dijk, 6-Dejan Lovren, 26-Andrew Robertson (29-Dominic Solanke 84), 66-Trent Alexander-Arnold (5-Georginio Wijnaldum 80), 7-James Milner, 21-Alex Oxlade-Chamberlain (20-Adam Lallana 62′), 23-Emre Can, 9-Roberto Firmino, 11-Mohamed Salah, 19-Sadio Mane
Manajer: Juergen Klopp

(epr/JPC/ang)

Komentar

Rekomendasi