oleh

Pesawaran Usulkan 1.712 CPNSD

radarlampung.co.id – Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKP SDM) Kabupaten Pesawaran mengusulkan kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) ke Menpan RB sebanyak 1.712 berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja.

Sekretaris BKP SDM Pesawaran Awaludin mengatakan, bahwa pihaknya telah mengusulkan kebutuhan CPNSD tersebut pada Januari 2018. Dimana dari rincian kebutuhan dari angka 1.712 tersebut terdiri dari tenaga guru sebanyak 851 orang tenaga kesehatan (RSUD dan Puskesmas) sebanyak 147 orang serta tenaga pelaksana di Badan dan Dinas sebanyak 714 orang.

“Kita belum menerima pemberitahuan secara resmi dari Menpan RB terkait tahapan rekrutment CPNSD. Namun, kita sudah usulkan kebutuhan CPNSD pada awal tahun ini ke Menpan RB,” kata Awaludin mewakili Kepala BKP SDM Zainal Arifin, Rabu (14/3).

Dikatakan, usulan kebutuhan tersebut juga berdasarkan jumlah PNS yang pensiun. Baik dari tenaga kesehatan, pendidikan dan tenaga teknis dan non teknis lainnya. Dimana, jumlah PNS yang pensiun tersebut juga sudah masuk dalam angka usulan kebutuhan CPNS tersebut.

“Kita sudah mengusulkan kebutuhan CPNS, namun terkait quota formasi itu merupakan kewenangan pemerintah pusat. Apapun keputusan dari pusat tentu akan kita laksanakan,” ucapnya seperti dilansir Radar Lamsel (grup radarlampung.co.id).

Dikatakan, sesuai permintaan Menpan RB bahwa pemerintah daerah segera mengusulkan kebutuhan CPNS dengan prioritas tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga yang berkaitan dengan infrastruktur. Dimana data PNS yang masuk Terhitung Mulai Tanggal (TMT) pensiun dari 2016 hingga 2018 sudah dilampirkan sebagai data pelengkap dalam usulan kebutuhan CPNS tersebut.

“Pertimbangan Menpan membuka keran rekrutment CPNS yakni menerapkan kebijakan zero growth. Yang pensiun dan jumlah penerimaan CPNS yang masuk harus sama. Kalau dalam usulan e-formasi menyajikan nama jabatan, kualifikasi pendidikan dan rencana penempatan. Namun data pensiun terlampir sebagai data pendukung. Nah, nanti Menpan RB meminta pertimbangan data BKN, karena data pensiun ada di BKN,” imbuhnya.

Diketahui berdasar data yang dihimpun, rekapitulasi data PNS pensiun TMT 2016 hingga 2018 mencapai 421 orang. Rinciannya, struktural sebanyak 78 orang, guru 267 orang, kesehatan 7 orang. fungsional umum 64 dan tenaga lainnya sebanyak 5 orang. Dimana data tersebut sudah terlampir dalam usulan kebutuhan CPNS. Sedangkan rekapitulasi data PNS pensiun TMT 2018 sampai 2020 mencapai 471 orang. (rnn/gus)

 

Komentar

Rekomendasi