oleh

Semarak Parade Ogoh-Ogoh

radarlampung.co.id – Dalam menyambut hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940, seperti biasa umat Hindu di Lampung Tengah menggelar parade ogo-ogoh. Kali ini diikuti 40 peserta yang terdiri atas 25 peserta dewasa dan 15 peserta anak-anak.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lamteng Ketut Suwendra mengatakan Parade Ogoh-Ogoh merupakan agenda rutin yang digelar menyambut hari raya Nyepi. “Ini agenda rutin menyambut hari raya Nyepi. Biasanya berlangsung di Lapangan Merdeka, Kecamatan Seputihraman. Tahun ini dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kecamatan Seputihbanyak,” katanya.

Parade Ogoh-Ogoh kali ini, kata Ketut Suwendra, diikuti 40 peserta. “Ada 40 peserta. Sebanyak 25 peserta dewasa dan 15 peserta anak-anak,” ungkapnya.

Sedangkan Plt. Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto yang membuka Parade Ogoh-Ogoh berharap parade ini menjadi sarana pelestarian dan pengembangan seni budaya di Bumi Jurai Siwo. “Saya harapkan Parade Ogoh-Ogoh ini dapat menjadi agenda rutin wisata di Lamteng,” harapnya.

Pemerintah daerah, kata Loekman, sangat mendukung penuh pelestarian budaya melalui even-even seperti Parade Ogoh-Ogoh ini. “Tentu kita sangat mendukung. Apa yang disajikan memiliki nilai budaya yang harus dilestarikan. Ini harus dipromosikan agar dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan,” ungkapnya. (sya/ynk)

Komentar

Rekomendasi