oleh

Warga Sungkai Utara Diringkus Polisi Terbukti Curi Sawit

radarlampung.co.id – Petugas Polsek Sungkai Selatan, berhasil meringkus seorang tersangka kasus pencurian dengan pemberatan (Curat), kemarin (15/3).

Selain tersangka polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa  65 tandan buah Kelapa Sawit, dan satu unit sepeda motor jenis Suzuki Smash tanpa plat yang diduga digunakan tersangka untuk mengangkut barang curian.

Tersangka adalah Asmawi (34) warga Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Utara, tersebut kini masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolsek setempat.

Kapolsek Sungkai Utara, AKP Hadi Sutomo mewakili Kapolres Lampura AKBP Eka Mulyana, mengatakan penangkapan terhadap pelaku berdasarkan Laporan Polisi (LP) Nomor : LP/ 28/B/ III/2018 atas laporan Nur Suyanto (41) warga Dusun Pemekaran Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara pada tanggal 14 Maret 2018.

Dijelaskannya, tersangka saat melancarkan aksinya tidak seorang diri. Pelaku bersama kedua orang rekannya berinisial On dan Le yang saat ini ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Tersangka dan dua rekannya mencuri sawit dengan menggunakan egrek (alat panen sawit, red),” ujar Hadi, kemarin.

Setelah sawit berhasil dipanen, kata dia, lalu para tersangka membawa hasil curian tersebut dengan menggunakan sepeda motor yang telah dimodifikasi menjadi alat pengangkut sawit dari lahan kebun korban.

Penangkapan tersangka tersebut, tambahnya, berkat informasi dari masyarakat  yang melihat keberadaannya.

“Tepat pukul 22.00 Wib, tersangka kita trangkap di kediamannya berikut barang bukti hasil mencuri swait yang belum sempat dijual oleh tersangka,” bebernya.

Dihadapan petugas, pria dua anak itu mengaku telah kerap mencuri buah kelapa sawit milik warga. Aksi pencurian itu, dilakukannya dengan dua rekannya yang kini masih buron.

“Tugas saya hanya membawa sawit sampai rumah. Selanjutnya sawit itu, rencananya akan di jual kepada salah satu pengepul keliling,” ujar Hadi, meniru penuturan tersangka.

Guna mempertanggungjwabkan perbuatannya, kini tersangka mendekam di sel tahanan Mapolsek Sungkai Utara.”Tersangka dikenakan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengen pemberatan, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” pungkasnya (ozy)

Komentar

Rekomendasi