oleh

Geger Rekening Bobol, Ini Tanggapan BRI

radarlampung.co.id – Semakin maraknya kejahatan teknologi (cyber crime) yang menyerang para nabasah perbankan, pada akhirnya menjadi perhatian Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk meminta nasabahnya teliti dan antisipasi atas berbagai modus penipuan yang atas namakan Bank BRI.

Terakhir kejadian di Kantor Cabang Kediri, dapat kami pastikan bahwa hal tersebut merupakan praktek kejahatan berupa Skimming yang merupakan salah satu kejahatan perbankan dengan modus yakni melakukan penggandaan kartu ATM nasabah.

Mesin ATM ditempeli dengan alat untuk merekam kartu dan kemudian digunakan untuk bertransaksi di tempat lain. Pembobolan rekening melalui ATM dengan metode skimming sesungguhnya bukan model kejahatan baru, dan bisa saja menimpa tidak hanya Bank BRI.

Direktur Digital Banking dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo melalui pesan video yang disampaikan kepada radarlampung.co.id mengatakan segala kerugian nasabah tentu akan dipertanggung jawabkan Bank BRI.

Pimpinan Wilayah Bank BRI Bandar Lampung Yoshua Palti menambahkan, mengingat saat ini banyaknya penipuan mengatas namakan BRI, mohon diingat 3 poin penting ini. Pertama dalam upaya mencegah penipuan, BRI meminta Nasabah untuk tidak melayani permintaan apapun melalui SMS, Telepon atau lainnya.

Kedua, penting bila tidak bertransaksi online,tapi menerima sms kode pengaman/otentikasi/otorisasi seolah dari BRI harap segera dihapus pesan tersebut, karena itu upaya penipuan. Dan, ketiga jangan pernah memberitahukan angka CVV (3 angka dibelakang kartu) dan Kode Otentikasi/Otorisasi (OTP) kepada siapapun dan lebih lanjut hubungi kontak BRI 14017.

Selanjutnya, terkait dengan insiden Skimming di Kediri, terdapat beberapa video atau pesan berantai yang beredar yang belum dapat dipastikan kebenarannya serta bertendensi untuk memojokan Bank BRI.  Atas hal tersebut diatas, Bank BRI akan segera mengambil langkah hukum kepada pihak-pihak yang dengan sengaja menggunakan atau memanfaatkan kejadian tersebut untuk tujuan-tujuan tertentu.(ynk)

Komentar

Rekomendasi