oleh

Ini Cara Kemendes Support Petambak Udang

radarlampung.co.id – Upaya meningkatkan taraf ekonomi di desa Bratasena Adiwarna Tulangbawang Lampung, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi panen bersama.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mensuport peningkatan perekonomian desa Bratasena Adiwarna dengan memberikan beberapa bantuan.

Bantuan berupa pemberian perjanjian kredit kepada petambak akad terhadap BTPN dan BRI, serta penandatanganan MoU (memorandum of understanding) pencanangan Prukades untuk budidaya tambak udang di Tulangbawang antara Menteri Desa, Bupati Tulangbawang dan management PT. CPB (Central Pertiwi Bahari).

“KUR atau Kredit Usaha Rakyat ini merupakan awal diberikan petambak udang, manfaatnya agar dapat tumbuh berkembang, ada sekitar 13.000 plasma akan diberikan KUR. Hal ini karena Presiden sangat peduli terhadap perkembangan desa, kami para menteri diperintahkan untuk memperhatikan rakyat khususnya yang berada di desa,”ungkap Eko, dalam sambutannya di Bratasena, Jumat (23/3).

Menurutnya, sejak 4 tahun ini, pemerintah sudah menggelontorkan dana desa sekitar 140 triliun, jumlah tersebut telah diberikan di setiap desa untuk meningkatkan perekonomian.

“Jadi, Dana desa yang diserahkan, harus bisa diatur dengan baik. Tidak hanya seluruh desa diberikan dana desa, khusus petambak udang ini juga telah diberikan 9500 sertifikat tanah,”ucapnya.

Kendala listrik yang dihadapi para petambak, Eko berjanji akan mengaliri listrik diwilayah tersebut untuk meningkatkan produksi udang hingga lima kali lipat.

“Saya sudah komunikasikan ke bu Menteri BUMN untuk mengaliri listrik. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa terealisasi dan petambak sudah bisa mendapatkan hasilnya hingga 5 kali lipat,”pungkasnya.(yud/ynk)

Komentar

Rekomendasi