oleh

Mau Tetap Sehat di Musim Hujan? Ini Tipsnya..

radarlampung.co.id – Datangnya musim penghujan, bisa menjadi salah satu alasan ‘mager’ atau malas gerak biasa sebutan bagi generasi milenial saat ini. Ups, tapi tetap hati-hati ya di musim hujan ternyata biasanya muncul banyaknya keluhan akan kesehatan. Dan, ternyata stamina yang turun menjadi salah satu penyebab selain kelembaban udara yang mendorong berkembangnya mikroorganisme yang merugikan.

Dilansir dari jpnn.com (grup radarlampung.co.id), bahkan Kementerian Kesehatan sempat mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan saat musim hujan. Penyakit yang biasa muncul diantaranya diare, leptospirosis, dan penyakit kulit. Oleh karena itu, tetap waspada apabila terjadi hujan lebat berkepanjangan.

Adapun empat tips yang harus kamu perhatikan untuk menjaga kesehatan selama musim hujan.

1. Jaga pola makan
Berdasarkan pedoman gizi Kementerian Kesehatan, sarapan dilakukan antara bangun pagi sampai pukul 09.00 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15% – 30% kebutuhan gizi)

2. Olah raga
Di musim hujan, sistem kekebalan tubuh harus dijaga untuk menangkal serangan penyakit. Olah raga merupakan cara sederhana dan mudah dengan manfaat yang besar. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih.

3. Jaga kualitas tidur
Kualitas tidur ditentukan pula oleh lama waktunya. Untuk anak prasekolah (3-5 tahun), waktu tidur yang ideal adalah antara 10 – 13 jam sehari. Adapun, untuk remaja (14 -17 tahun) waktu tidur ideal adalah antara 8 – 10 jam sehari). Sementara bagi orang dewasa (26 – 64 tahun) waktu tidur idealnya adalah antara 7 – 9 jam.

4. Kelola stres
Manajemen stres dapat dilakukan dengan menenangkan diri melalui relaksasi yang bisa dilakukan dimanapun, kapanpun, dengan membiarkan tubuh menerima rangsangan apapun, baik berupa suara, bau, atau sentuhan yang dapat menenangkan diri. Ketika musim hujan, biasanya macet akan lebih panjang dan stres pun rentan tercipta. Mengelola stres akan membantu menjaga kestabilan tubuh.

Itu tadi empat tips penangkal penyakit untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim hujan. Semoga bermanfaat pembaca radarlampung.co.id ! (ynk/ynk)

Komentar

Rekomendasi