oleh

Pungli, Oknum Pegawai BPN Pringsewu Diciduk Polisi

radarlampung.co.id – Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Polres Tanggamus, menangkap tangan oknum pegawai Administrasi Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Pringsewu.

Oknum yang merupakan seorang perempuan ini bernama Devi (31) warga Pringsewu. Ia ditangkap lantaran diduga telah melalukan Pungutan Liar (Pungli) untuk mempermudah proses pengurusan surat tanah seperti roya, balik nama dan sebagainya.

Kapolres Tanggamus AKBP Made Rasma melalui Kasat Reskrim AKP Devi Sujana mengatakan, sebelumnya pihaknya mendapat informasi adanya upaya melakukan pemerasan oleh salah satu oknum pegawai BPN Pringsewu.

“Setelah kita selidiki, pada Jumat (23/3) pukul 10.00 WIB kita melakukan penangkapan terhadap salah satu oknum BPN yang melakukan tindak pidana pemerasan sebagaimana disebutkan dalam Pasal 12 UU Tipikor,” jelasnya, Sabtu (24/3) malam.

Ia menambahkan, dari penangkapan itu pihaknya telah mengamankan uang sebesar Rp2,1 juta hasil dari korban yang ingin dipermudah dalam proses pengurusan tanah, notebook, buku agenda warna hitam, buku kerja warna putih hijau, dua handphone, empat lembar nota dinas PNBP serta buku kontrol warna hijau.

“Jabatan tersangka di BPN Pringsewu sebagai Kasubsi Penetapan dan Pemberdayaan Hak Tanah Masyarakat. Kami juga masih melakukan penyelidikan dan pengembangan apakah ada pelaku lainnya,” ujarnya. (adm/sag/ang)



Komentar

Rekomendasi