oleh

Tumbuhkan Cinta Baca Sejak Dini Dengan Gernasbaku

radarlampung.co.id – Sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernasbaku) yang digelar dalam rangka melaksanakan kegiatan program kerja TP PKK Kabupaten Pringsewu tahun 2018 berlangsung di Pendopo Pringsewu, Jum’at (23/3).

Pada acara tersebut sekaligus penyematan PIN kepada Bunda PAUD dari sembilan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu oleh Bunda PAUD Kabupaten Pringsewu yang juga Ketua Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Hj.Nur Rohmah Sujadi didamping Wakilnya Hj. Rita Irviani Fauzi.

Nur Rohmah Sujadi mengatakan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernasbaku) merupakan gerakan nasional untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak.

Dengan upaya melalui pembiasaan di rumah, di satuan pendidikan PAUD, dan di masyarakat. Pada Gernasbaku berada dibawah koordinasi Dwektorat Pembinaan Penduiikan Keluarga, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan kmentrian Pendidakan Dan Kebudayaan.

Baca :   Ini Tersangka Dugaan Korupsi Proyek RSUD Pringsewu

“Kegiatan ini menindaklanjuti pengukuhan Gernasbaku yang di laksanakan di Bandung, akhir Februari lalu yang dihadiri oleh Bunda PAUD dan Laskar HIMPAUD se-Indonesia,” jelasnya.

Ketua PKK kabupaten Pringsewu Hj. Nur Rohmah Sujadi tujuan gerakan ini ialah untuk membiasakan orang tua membacakan buku kepada anak-anak mereka agar mempererat hubungan sosial dan emosional antara anak dengan orang tua  serta  menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

Kegiatan yang dapat dilakukan di satuan pendidikan dalam rangka mendukung Gernasbaku, salah satunya dengan menyelenggarakan kelas orang tua, sehingga nantinya orang tua dapat mengetahui teknik-teknik menarik minat baca serta teknik membacakan yang baik.

Baca :   Mantan Pol PP Ajak Siswa SMP Jadi Begal

“Kami berharap kepada rekan-rekan pendidik PAUD untuk bersama sama mengajak para orang tua dan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan GERNASBAKU yang akan di launcing sekaligus moment hari pendidikan  Nasional yang di gelar 5 Mei mendatang,”ujarnya.

Lanjutnya  para orang tua anak usia dini secara serentak, bersama membacakan buku untuk anaknya di lembaga PAUD se kabupaten Pringsewu. Oleh karena itu, kepada pendidik PAUD kami harapkan dapat mempersiapkan para orang tua dari anak untuk mengikuti pelaksanaan Gernasbaku.

Wakil bupati Pringsewu DR. H. Fauzi di dampingi sekertaris dinas pendidikan kabupaten Pringsewu Supriyono  yang hadir pada kesempatan itu menyambut serta mendukung kegiatan Gernasbaku khususnya di kabupaten Pringsewu.(sag/ynk)



Komentar

Rekomendasi