oleh

Jelang Puasa Proyeksi Konsumsi BBM Naik 3 Persen

radarlampung.co.id – Dalam persiapan PT Pertamina (Persero) Lampung jelang bulan puasa memprediksi akan terjadi peningkatan konsumsi BBM dan LPG. Untuk BBM diproyeksi akan ada peningkatan sekitar 3 persen dari konsumsi normal, sedangkan LPG akan ada peningkatan hingga 20 persen dari konsumsi normal.

Sales Executive Pertamina Retail IV Sidhu Priyo Windhoko mengatakan jelang bulan puasa tahun ini, Pertamina estimasi ada peningkatan konsumsi hingga 3 persen dan proyeksi jenis BBM yang paling banyak penambahan adalah jenis Petralite.

“Sebagai antisipasi bulan Maret kemarin Pertamina baru saja selesai maintenance, jadi pada saat peningkatan konsumsi posisinya sudah siap. Dan, untuk penambahan stok dipastikan aman dengan perhitungan setiap hari ada pembongkaran BBM dari kapal yang sudah sandar di Lampung,”ujar Sidhu kepada radarlampung.co.id, Senin (2/4).

Sindhu melanjutkan untuk rata-rata konsumsi harian Premium masih diangka 980 KL/hari, Petralite masih 984 KL/hari, Solar 1600 KL/hari dan Petramax 420 KL/hari.

“Dari rata-rata harian konsumsi ini diperkirakan naik hingga 3 persen jelang bulan puasa tahun ini, meningkat dari tahun lalu yang peningkatannya sampai 2 persen dan penambahanya akan mulai disalurkan mulai awal puasa,”jelasnya.

Selanjutnya informasi jam operasional SPBU yang akan beroperasi 24 jam dari total 145 SPBU di Lampung sekitar 39 persenya yang akan beroperasi. Sebelumnya Pertamina Lampung sudah menghimbau untuk semua SPBU bisa beroperasi 24 jam, khususnya jelang puasa hingga lebaran. Tetapi kembali lagi, tergantung dari manajemen operasional SPBU masing-masing.

“Khususnya di jalur lintas provinsi yang memang membutuhkan BBM 24 jam, kecuali di daerah yang cukup rawan,”ujarnya.

Khusus penyaluran BBM bersubsidi Premium besarannya sudah ditentukan dari pemerintah, Pertamina hanya pihak operatornya. Untuk Lampung mendapat kapasitas 410.000 KL selama 2018 untuk penyaluran 15 kabupaten/kota, kondisinya saat ini ada sekitar 145 SPBU yang disalurkan. Nanti kalau memang ada kebijakan penambahan Premium pasti akan langsung disalurkan oleh Pertamina ke masyarakat.

“Maka salah satu solusinya Pertamina memberikan pilihan lain jenis BBM yang bisa didapatkan, salah satunya seperti Petralite,”ujar Sindhu.

Komentar

Rekomendasi