oleh

Wah, Delapan Ribu DPS Tubaba Bermasalah

radarlampung.co.id – Daftar pemilih sementara (DPS) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) diduga kuat bakal bermasalah. Sebab berdasarkan temuan Panwaslu Kabupaten Tubaba setidaknya ada sekitar delapan ribuan data mata pilih yang diumumkan KPU terdapat kekacauan.

Sekitar delapan ribuan orang tersebut tidak memiliki tanggal lahir, karena dalam kolom tanggal lahir tersebut berubah menjafi.kode pos. Permasalahan tersebut paling banyak terjadi di Kelurahan Mulya Asri, Kecamatan Tuba Tengah, Tubaba.

Menyikapi masalah ini, Panwas Kabupaten Tubaba telah memanggil Komisioner KPU Tubaba bersama staf sekretariat lembaga penyelenggara pemilihan umum tersebut. “Kami sudah memanggil KPU untuk mengklarifikasi masalah ini. Terbanyak di Mulya Asri, Kecamatan Tuba Tengah, Tubaba,” katanya.

Permasalahan tersebut menurut Midiyan, Ketua Panwaskab Tubaba terjadi di hampir semua tiyuh, namun memang tidak banyak. Karena ia meminta agar permasalahan tersebut tidak menjadi kendala di kemudian hari, ia meminta agar KPU dan jajarannya menindaklanjuti permasalahan tersebut. “Ini harus diselesaikan, kalau tidak akan menjadi.masalah,”tegas Midiyan.

Terkait dengan data mata pilih yang belum masuk atau meninggal dunia serta tidak cukup umur, Midiyan masih memakluminya. Namun data yang diumumkan saat ini menurut Midiyan sangat menggangu karena akan membuat warga tidak dapat menyalurkan hak suaranya.

Saat dilakukan klarifikasi, KPU pun merasa kebingungan atas masalah yang ada. KPU berjanji akan menyelesaikannya paling lambat tujuh hari sejak Kamis (28/3) kemarin.
Midiyan menekankan agar KPU benar-benar mencari akar permasalahan ini, sebab terdapat berbagai kemungkinan penyebab terjadinya kekacauan apakah karena kesalahan manusia, atau adanya pembajakan, dan juga tidak menutup kemungkinan sofware yang tidak asli. (fei/ang)

Komentar

Rekomendasi