oleh

Sesibuk Apapun Tugas, Tetap Sempatkan Dampingi Anak Belajar

radarlampung.co.id- Kesibukan menjadi anggota polisi wanita (Polwan) tidak dapat menghalangi tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Meski kegiatannya padat, sosok wanita ini masih bisa menyempatkan diri untuk keluarga bahkan mendidik ketiga anaknya.

Dia adalah Ipda Septiana yang bertugas di Ditlantas Polda Lampung yang mampu mendidik ketiga anaknya hingga meraih prestasi dibidang pendidikan.

Septiana (38) menceritakan, bahwa membagi waktu untuk anak-anak harus pintar. Terlebih, kedua putri dan satu putranya masih kecil jadi dipastikan ketiganya perlu didampingi saat mendidik anak agar ingin belajar.

Ipda Septiana Polwan Polda Lampung. Foto Dok. Pribadi for radarlampung.co.id

“Aku kan selalu dinas otomatis sibuk dan dipastikan banyak tanggungjawab tugas. Tapi bagaimana caranya luangkan waktu agar anak-anak tidak bosan belajar dengan cara didampingi dalam belajar,” ujarnya kepada radarlampung.co.id, saat dihubungi via telepon, Sabtu, (21/4).

Selain didampingi, lanjut istri dari AKP Ridho Rafika Wakasatlantas Polresta Bandarlampung ini, juga diperlukan kepercayaan terhadap anak seperti memberikan kebebasan apa yang anak-anak sukai.

Baca :   Tarik Mobil SIM Keliling, Pengendara Bebas Tilang

“Kalau anak suka belajar matematika atau bahasa Inggris ya harus diikuti. Tapi, anak saya yang paling tua Khalilia Alya Mukhbita (12) suka dengan bahasa Arab. Bahkan di kelas 6 dapat prestasi dibidang pidato bahasa Arab,” kata dia.

Iptu Septiana bersama keluarga berfoto saat anaknya mendapatkan lomba matematika. Foto Dok Pribadi for radarlampung.co.id

Sedangkan prestasi yang diraih anak kedua dan ketiganya yaitu juara perlombaan Sempoa Sip Matematika se-Lampung yang diadakan beberapa waktu lalu di hotel Swisbell, Bandarlampung.

“Nabila Meysun kelas 4 dan M Richarad Khairulloh kelas 1 dapat juara 1 lomba Sempoa Sip Matematika se-provinsi Lampung kategori Best Of The Best,” terangnya.

Suami yang merupakan anggota Polri juga sudah mengerti akan tugasnya. Namun, meski begitu Septiana tidak dapat memungkiri dirinya ada sosok ibu dari ketiga anak dan istri dari suaminya.

“Suami saya mengerti apalagi sama-sama tugas dilalulintas pasti sibuk. Tapi, saya tetap tidak lupa kalau saya ibu rumahtangga yang harus melayani keluarga seperti memasak untuk orang rumah. Apalagi keluarga suka masakan saya,” ujar lulusan SIP Angkt 46 2017 Wira Satya Harjuna ini.

Baca :   Stok Darah di PMI Kurang, Polda Lampung Galakkan Aksi Donor Darah

Ia pun menceritakan, pengalaman beberapa tahun bertugas di Ditlantas ada saja hal yang menarik dan berkesan dimana sewaktu menjalankan tugasnya sebagai seorang polisi dirinya dihadapkan dengan situasi yang tidak memungkinkan.

“Yang paling berkesan selama saya bertugas itu waktu lagi tugas di Jalan Teuku Umar, Kedaton, Bandarlampung. Dimana ada pengendara motor melanggar. Pas mau berhentikan ternyata dia guru saya semasa SMA. Karena, bonceng anak tapi anaknya nggak pakai hlem. Tapi, nggak saya tilang saya hanya berikan himbaun saja dan mengantarkan membuat SIM. Kayaknya itu yang berkesan,” tutupnya. (ndi/ang)

Komentar

Rekomendasi