oleh

BNNP Lampung: Pemeriksaan Kalapas Kalianda Terkait Sejauh Mana Kegiatan di Lapas

radarlampung.co.id – Pemeriksaan terhadap Kalapas II A Kalianda Lampung Selatan non aktif Muchlis Adjie yang dilakukan oleh BNNP Lampung yakni terkait sejauh mana ia mengetahui kegiatan yang ada di dalam Lapas Kalianda.

Plt. Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Lampung, Richard PL Tobing mengatakan, dalam pemeriksaan baru ada delapan pertanyaan yang diajukan terkait sampai mana yang bersangkutan mengetahui kegiatan tersangka pegawai sipir Rechal Oksa Hariz dan tahanan Marzuli.

“Intinya profil dan data pribadi sudah dibuka semuanya. Akhirnya, pertanyaan sampai mana pak Kalapas mengetahui kegiatan dua tersangka yang sudah kami tangkap di dalam Lapas itu,” ujarnya, Jumat, (18/5).

Richard mengungkapkan, hasil keterangan Kalapas bahwa tidak mengetahui jika tersangka Marzuli ini banyak membantu kegiatan yang ada di dalam Lapas, yang bersangkutan hanya menerima laporan dari KPLP jika ada kegiatan di Lapas.

“Maksudnya, jika ada acara atau kegiatan di Lapas, tersangka Marzuli yang membantu secara keuangan. misalnya kalau ada renovasi pembangunan Lapas, KPLP melaporkan dan Kalapas mengizinkan dengan bantuan dana dari Marzuli. Tapi, kalau untuk menerima dana kami masih telusuri,” ungkapnya.

Namun terkait peredaran yang ada di dalam Lapas, pihaknya belum ada pertanyaan sampai sejauh sana. Tapi, yang jelas akan dipertanyakan.

“Pertanyaannya masih dalam seputaran tupoksinya saja. Tapi, yang jelas akan menanyakan hal itu karena kami punya hak pemeriksaan 3×24 jam dan bisa diperpanjang lagi 3×24 jam untuk di lakukan pemeriksaan, apakah setelah diperiksa akan di tahan? kalau nanti pemeriksaan sebagai saksi nanti perlu ditingkatkan nanti saya update,” jelasnya.

Dia menambahkan, kalau berapa jumlah pertanyaan itu penyidik yang punya materi. Tapi, sejauh ini pertanyaan sesuai SOP sebagai Kalapas, dalam mengetahui barang itu keluar masuk.

“Bagaimana SOP pengamanan khusunya pada malam hari dan khusuanya CCTV itu kan diruangan Kalapas,” paparnya. (ndi/ang)



Komentar

Rekomendasi