oleh

Camat Banjarbaru Jemput Bola Layani Ijin Usaha Mikro Gratis

radarlampung.co.id – Sebagai upaya memberikan pelayanan yang maksimal dalam membuatkan surat Ijin Usaha Mikro (IUM) bagi masyarakat yang bergerak di bidang usaha kecil dan menengah, tim Pelayanan IUM kecamatan Banjarbaru dipimpin Camat setempat berkunjung langsung ke rumah-rumah masyarakat yang memiliki usaha mikro.

Hal tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan prima dan kemudahan akses dan informasi bagi masyarakat. Untuk pelayanan IUM diberikan secara gratis bagi masyarakat yang memiliki Ijin Usaha Mikro (IUM).

“Kami melayani dan membuatkan IUM masyarakat secara gratis. Di bulan Ramadan ini, kami programkan pelayanan jemput bola. Berkunjung keliling kampung mendatangi warga langsung door to door, dari rumah ke rumah, untuk membuatkan IUM masyarakat yang memiliki usaha kecil-menengah, secara gratis,” terang Camat Banjarbaru, Arianto, di sela-sela kegiatannya memberikan pelayanan IUM kepada warga di Kampung Pancakarsa Purnajaya, Kecamatan Banjarbaru, Selasa (22/5).

Baca :   Jelang Pilkakam 2019, Polres Tuba Gelar Deklarasi Damai

Menurutnya, upaya mengoptimalkan pelayanan IUM ini adalah salah satu wujud komitmen dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Banjarbaru.

Hal ini sekaligus selaras dalam mendukung slogan Bergerak Melayani Warga (BMW) dalam pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang Winarti dan Hendriwansyah.

“Kami ingin terus berupaya memberikan pelayanan terbaik yang dapat diakses secara nyaman, mudah, dan tidak berbelit-belit oleh masyarakat Banjarbaru. Asalkan sudah sesuai aturan. Hal ini juga selaras dengan slogan Bergerak Melayani Warga dari Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang saat ini,” tegas Arianto.

Dalam penerbitan IUM yang juga merupakan program pemerintah pusat ini, Kecamatan Banjarbaru sendiri tercatat sebagai kecamatan yang telah menerbitkan IUM bagi masyarakat dengan jumlah terbanyak se-Kabupaten Tulangbawang.

Namun, agar seluruh masyarakat yang bergerak di usaha mikro memiliki IUM, pihaknya berkomitmen di bulan Ramadan ini akan turun ke 10 kampung di wilayahnya untuk membuatkan IUM masyarakat yang belum memilikinya.

Baca :   Hadiri Rakornas, Bupati Tuba dterima Dokumen Pembangunan Perdesaan

“Jadwalnya sudah dimulai dari Senin kemarin. Kampung yang pertama dikunjungi adalah Pancakarsa Purnajaya. Untuk membuat IUM, syaratnya masyarakat menyiapkan fotokopi KTP, KK, NPWP dan photo ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar, dan IUM pun akan segera kami proses secara gratis,” ungkapnya.

Dengan ini pihaknya berharap hal tersebut dapat bermanfaat sebagai bukti legalitas usaha masyarakat, serta IUM pun dapat dijadikan kelengkapan administrasi bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan permodalan dari perbankan dalam pengembangan usahanya.

“Semoga IUM yang kami berikan bermanfaat dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dalam mengembangkan usaha, maupun untuk meningkatkan kesejahteraannya,” tandasnya. (nal/ynk)



Komentar

Rekomendasi