oleh

BMKG: Masuki Musim Kemarau, Lampung Tetap Diguyur Hujan

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung memperkirakan cuaca di Provinsi Lampung selama bulan Ramadan 1439 H Provinsi Lampung memasuki musim kemarau.

Kepala Seksi Data dan Formasi BMKG Lampung, Rudi Hariyanto mengatakan, secara Umum perkiraan cuaca di Provinsi Lampung selama bulan Ramadan memasuki kemarau. Meski sejak kemarin hujan masih turun.

“Hingga beberapa hari kedepan masih ada potensi hujan yang signifikan yang disebabkan oleh karena adanya gangguan cuaca, kami menyebutnya konpergensi atau pusaran angin terbentur di Pesisir Barat Sumatera,” ujarnya, Rabu, (23/5).

Pusaran angin yang terbentur di Pesisir Barat Sumatera, lanjut Rudi, menjadi belokan angin di Samudra Hindia di bagian sebelah Barat Sumatera itulah menyebabkan banyak awan-awan dari laut jawa harus lari kearah barat.

“Karena ada belokan sehingga menimbulkan perlambatan gerakan angin yang membawa awan-awan berpotensi hujan di situlah kondis atmosfer di Provinsi Lampung,” jelasnya.

Masih kata dia, itulah yang berpotensi sampai beberapa hari kedepan, intasitas hujan sedang hingga lebat, sampai hari inikan terpantau masih berawan.

“Jadi kondisi seperti ini itu di Lampung bagian Selatan terdiri dari Lampung Selatan, Bandarlampung, Pesawaran, Tanggamus dan peringsewu. Sedangkan Lampung bagian Timur yaitu Lampung Timur, Tengah, utara, Tulangbawang dan Mesuji berpotensi hujan kedepan,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya memperkirakan meski sudah masuk musim kemarau pontensi hujan akan terus terjadi. Tapi, hanya hujan lokal saja.

“Meski kemarau bukan berarti tidak hujan. Namun, hujannya sesuai dengan kreterianya atau hanya hujan lokal saja hingga beberapa hari kedapan,” pungkasnya. (ndi/ang)


Komentar

Rekomendasi