oleh

Dicecar 38 Pertanyaan, Tiga Buku Rekening Kakanwil Diperiksa

radarlampung.co.id – Selama sembilan jam diperiksa oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung mencecar 38 pertanyaan kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Lampung Bambang Haryono.

Plt Kepala Pembrantasan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung Richard PL Tobing mengatakan, sebanyak 38 pertanyaan yang diajukan kepada Kakanwil Kemenkumham Lampung yaitu terkait SOP dan kepemimpinannya.

“Kan beliau membawahi 16 Lapas salah satunya Lapas Kalianda dan beliau juga mengetahui pada saat tersangka kalapas cuti. Karena beliau sendiri yang menandatangani satu surat cuti kalapas,” ujarnya, Rabu (30/5).

Lanjut Richard, penyidik juga menanyakan apakah Kakanwil mengetahui hal-hal yang terjadi di Lapas Kalianda. “Sebanyak 38 terkait tupoksi Kakanwil atas pengawasannya terhadap Lapas Kalianda saja. Saat ini beliau masih menjadi saksi. Namun, ada kemungkinan akan dipanggil lagi. Jadi, hari ini kita persilakan pulang,” paparnya.

Selain itu, pihak BNNP Lampung memeriksa tiga buku rekening milik Kakanwil hanya untuk mengetahui aliran dananya saja.

“Buku rekeningnya sudah kami kirim ke BNN Pusat, sehingga besok sudah dapat di periksa. Tiga buku rekening yaitu BCA, BRI dan BNI,” kata dia.

Semua buku rekening diminta sama seperti pemeriksaan empat buku rekening milik tersangka Kalapas. Itu juga dilakukan untuk mengetahui aliran dananya.

“Buku rekening Kalapas sudah diperiksa dan itu ada uangnya tapi saya belum tahu isinya berapa.” urainya.

Dia menambahkan, selama kasus jaringan narkoba di dalam Lapas Kalianda, pihaknya telah melakukan pemeriksaan belasan saksi termasuk Kakanwil.

“Total saksi yang diperiksa ada 15 , satu tersangka dan satu Kakanwil sebagai saksi. Sejauh ini bukti yang kami miliki cukup, jika nanti dibutuhkan peran yang lain maka kami cari lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, setelah dilakukan pemeriksaan sebagai saksi selama sembilan jam, akhirnya Kakanwil Kemenkumham Lampung Bambang Haryono turun dari lantai 4, kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung, sekitar pukul 17.30 WIB.

Usai turun dari lantai 4 tersebut, Bambang langsung sodorkan beberapa pertanyaan oleh sejumlah awak media yang sudah sejak pagi menunggu dirinya. (ndi/ang)



Komentar

Rekomendasi