oleh

Rektor UBL M. Yusuf S. Barusman: Saya Bangga dengan Pancasila

radarlampung.co.id – Peringatan hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2018, dimaknai oleh Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL), M. Yusuf S. Barusman sebagai suatu kebanggan atas ideologi bangsa Indonesia ini. ”Saya bangga dengan Pancasila. Pancasila adalah ideologi terbaik di dunia yang mengakomodir semua keragaman baik kepercayaa, agama, suku, bangsa bahkan termasuk ideologi kapitalis dan sosialis” ujar Yusuf dalam keterangannya (Jumat 1/6/2018).

Menurutnya Pancasila merupakan contoh nyata ideologi bangsa modern yang menjunjung tinggi toleransi, pluralisme, namun tetap di bingkai dalam moral dan etika universal berdasarkan kepercayaan kepada Tuhan. Pancasila menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan yang di bungkus dalam semangat persatuan, mengedepankan musyarawah yang menghargai pendapat semua individu dan golongan, serta tetap dan harus bernafaskan keadilan sosial.

“Kita semua bisa berdialog dengan beragam pandangan baru, tapi jangan korbankan keberlanjutan bangsa ini dengan eksperimen eksperimen yang menyesatkan. Silakan berdialog dan mengkritik tentang praktek dan implementasi kehidupan berbangsa dan bernegara, namun jangan terlalu dini menyalahkan Pancasila” kata Yusuf yang juga ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se Indonesia (ICMI) Lampung.

Baca :   Karya Mahasiswa Arsitektur UBL  Mejeng di Galeri Nasional Indonesia

“Kita semua sebagai anak bangsa sebaliknya harus sepakat untuk berkomitmen mengawal keberlanjutan negara Indonesia dengan konsisten menggunakan Pancasila sebagai panduan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sudah saatnya kita bangga dan mengobarkan Pancasila ke seluruh dunia. Hidup Indonesia, Hidup Pancasila” pungkas Yusuf. (rls/ang)

Komentar

Rekomendasi