oleh

H-6 Stasiun Kereta Api Mulai Dipadati Pemudik

radarlampung.co.id – Memasuki Arus mudik lebaran 2018, Stasiun Kereta Api Tanjungkarang mulai ramai penumpang yang akan pulang kampung kehalamannya masing-masing dengan menggunakan jalur kereta api. Meski tidak mengalami lonjakan penumpang secara signifikan, pada H-6 Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah sudah mencapai sekitar 10 persen dari hari biasa.

Berdasarkan pantauan radarlampung.co.id, terlihat penumpang di Stasiun Kereta Api Tanjungkarang yang ingin mudik lebaran menggunakan jalur kereta api dari Kota Bandarlampung hendak menuju ke kabupaten di Provinsi Lampung dan Stasiun Kereta Pati Sumatera Selatan, pada H-6 lebaran sudah mulai ramai penumpang.

Selain itu, suasana dibagian setiap gerbong kereta api sudah dipadati penumpang bahkan terlihat beberapa penumpang yang tidak kebagian tempat duduk.

Menurut Azwar (40) salah satu penumpang kereta api mengaku, mulai mudik di H-6 lebaran ini dengan tujuan Kota Bumi, dirinya bersama istri dan kedua anaknya sengaja pulang kampung sekarang karena untuk menghindari kepadatan pemudik lainnya.

“Sekarang belum terlalu padat di Stasiun Kereta Api ini, tapi kalau berangkat besok kemungkinan akan padat pemudik lainnya dan saya juga kwatir kehabisan tiket sih,” ujar warga Karimun Jawa, Sukarame ini, Sabtu, (9/6).

Hal senada diungkapkan Sarmi (60) pemudik asal Kabupaten Tanggamus mengatakan, bahwa dirinya bersama anaknya ingin mudik dengan tujuan Prabu Muli, Sumatera Selatan. Meski keberangkatan kereta tujuannya pukul 21.00 wib, ia rela datang sekarang ke Stasiun.

“Saya mau ke rumah anak di Prabu Muli, sengaja datang sekarang untuk hindari padat penumpang biar gak berdesakan saja dengan penumpang lain,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Kereta Api Tanjungkarang, Tri Haryanto menjelaskan, bahwa arus mudik lebaran di stasiun pada H-6 ini sudah mulai mengalami lonjakan 10 sampai 20 persen dari hari biasanya.

“Peninkatan penumpang ini kemungkinan akan terus melonjak hingga H-1 lebaran, tapi diprediksi lonjakan penumpang akan terjadi pada H-3 lebaran,” pungkasnya. (ndi/ang)

Komentar

Rekomendasi