oleh

Agar Tubuh Nyaman, Hindari 5 Bekal Makanan Ini Saat Perjalanan Mudik

radarlampung.co.id – Berniat berangkat mudik hari ini? Selain menyiapkan fisik dan barang bawaan, jangan lupa siapkan juga bekal makanan.

Perjalanan yang jauh dan menempuh waktu berjam-jam pasti membutuhkan bekal makanan. Beberapa makanan bisa jadi rekomendasi bekal namun ada juga makanan yang kurang cocok dijadikan bekal. Karena bisa menyebabkan masalah pencernaan atau sakit perut.

Supaya perjalanan lancar dan bekal makanan tak terbuang percuma, coba hindari 5 makanan berikut.

1. Makanan berkuah

Agar Tubuh Nyaman, Hindari 5 Bekal Makanan Ini Saat Perjalanan MudikFoto: Istimewa

Makanan berkuah memang segar saat disantap namun kurang cocok dijadikan bekal mudik. Pasalnya kuah yang banyak membuat makanan ini merepotkan.

Anda butuh wadah khusus yang memastikan kuah tidak tumpah, menyantapnya juga tidaklah praktis apalagi ketika kendaraan sedang melaju. Pun makanan berkuah lebih rentan basi.

2. Makanan Pedas

Siapapun pasti tak mau mengalami masalah pencernaan selama perjalanan mudik. Jadi kurangi risiko menyantap makanan pemicu diare ataupun masalah perut lainnya yang disebabkan oleh makanan pedas.

Meskipun menambah selera makan, makanan pedas sebaiknya tak diandalkan jadi bekal. Selain itu, saat makan pedas juga orang cenderung banyak minum yang justru membuat ingin buang air kecil. Padahal saat di jalan tol misalnya, toilet hanya bisa ditemui di rest area.

3. Makanan manis dan berkarbohidrat tinggi

Memang enak ngemil makanan manis seperti biskuit, keripik atau snack. Tapi kontrol jumlah asupannya karena makanan manis cenderung cepat diserap tubuh namun cepat pula membuat lapar dan lemas .

Apalagi ketika camilan manis ini dikonsumsi malam hari. Bukan mengusir kantuk, makanan manis malah cepat membuat kantuk. Jelas ini berbahaya bagi pemudik yang mengendarai kendaraan.


4. Makanan asin

Seperti yang sudah diketahui, makanan asin memiliki sifat menyerap air. Jangan sampai perjalanan terganggu karena Anda dehidrasi dan lemas.

Jika tetap berpuasa selama mudik, hindari makan sahur dengan makanan yang terlalu asin. Tetap jaga kondisi tubuh dan pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan cukup. Bawa bekal air mineral yang banyak juga ya.

5. Jus Buah

Kalau ingin memastikan asupan vitamin tetap terjaga, jus buah tidak bisa jadi solusi. Jus buah segar tidak bisa bertahan lama, apalagi dalam suhu panas. Jus buah bisa cepat rusak dan berakhir di tempat sampah.

Sebagai solusi, coba bawa buah segar yang bertekstur keras seperti apel, pir ataupun jeruk. Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan! (dtc/ynk)



Komentar

Rekomendasi