oleh

Puluhan Surat Suara Pilgub Rusak di Tuba

radarlampung.co.id – Sebanyak 86 surat suara untuk keperluan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung tanggal 27 Juni mendatang mengalami kerusakan di Tulangbawang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulangbawang telah selesai menyortir, dan melipat surat suara untuk Pilgub Lampung 27 Juni mendatang. Dari proses pelipatan tersebut, KPU Tulangbawang menemukan sebanyak 86 surat suara yang dinyatakan rusak.

Ketua KPU Tulangbawang Reka Punnata mengatakan, penyortiran dan pelipatan berlangsung sejak Kamis (7/6) hingga minggu (10/6) kemarin. Penyortiran sendiri kata Reka, melibatkan staf, pegawai serta komisioner KPU Tulangbawang.

Selama proses ini, jelasnya, penyortiran dan pelipatan mendapat pengawalan ketat aparat dan Panwas setempat. “Dari kerusakan itu kita akan meminta tambahan untuk mengganti ke KPU Propinsi Lampung,” kata Ketua KPU Tulangbawang Reka Punnata, senin (11/6).

Baca :   KPU Kota: Jangan Realokasi Anggaran Sebelum Perppu Terbit

Diketahui, KPU Tulangbawang telah menerima total 257.857 lembar surat suara untuk keperluan Pilgub Lampung mendatang. Jumlah tersebut telah diterima sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Tulangbawang keseluruhan. Kemudian ditambah 2,5 persen dari jumlah DPT per TPS, serta 2.000 lembar untuk keperluan pemungutan suara ulang (PSU).

Untuk jumlah DPT Kabupaten Tulangbawang sendiri yang telah ditetapkan adalah 251.200 jiwa dengan rincian 131.010 pemilih laki laki dan 120.190 sisanya pemilih perempuan.

Baca :   KPU Kota: Jangan Realokasi Anggaran Sebelum Perppu Terbit

Sedangkan, jumlah surat suara cadangan sendiri yaitu 2,5 persen per TPS nya yang akan disebar di 758 TPS di 151 kampung/ kelurahan se-Tulangbawang.

Jumlah tersebut belum termasuk 2.000 lembar surat suara yang akan digunakan untuk keperluan pemungutan suara ulang (PSU) jika terjadi. Sehingga, jumlah total surat suara yang didapatkan KPU Kabupaten Tulangbawang untuk keperluan Pilgub Lampung adalah sebanyak 257.857 lembar. (nal/ang)

Komentar

Rekomendasi