oleh

Puting Beliung Landa Tuba, Belasan Rumah Porak Poranda

radarlampung.co.id – Belasan rumah di dusun 5, kampung Mahabang, kecamatan Denteteladas, Tulangbawang Sabtu (23/6) pagi porak poranda akibat terjangan angin puting beliung.

Camat Denteteladas Ketut Romeo kepada radarlampung.co.id membenarkan peristiwa tersebut. Angin puting beliung tersebut menerjang belasan rumah di kampung mahabang sekira pukul 10.00 WIB.

“Benar, ada 12 rumah rusak terkena angin puting beliung. 7 rusak berat, 5 rusak ringan. Salah satunya Masjid, mimbarnya rusak,” ungkapnya.

Ketut menambahkan, sebagian besar kerusakan ada di atap rumah yang terkena angin puting beliung. “Ada juga yang hancur berantakan. Karena sebagian besar disana rumahnya terbuat dari papan kayu dan atap asbes,” terangnya.

Angin puting beliung diperkirakan terjadi akibat cuaca ekstrem di Kabupaten Tulangbawang, khususnya kecamatan Denteteladas. Sejak hari jumat hingga sabtu malam ini, Tulangbawang diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras.

Begitupun di kecamatan Denteteladas, sejak sabtu dinihari kecamatan paling ujung di Tulangbawang itu telah diguyur hujan.

“Hujan sejak subuh, sampai sekarang masih hujan gak berhenti berhenti. Kondisi kampungnya juga memang berada di pinggir laut,” papar Ketut.

Dia bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, beliau memperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah. “Perkiraan kerugian keseluruhan kurang lebih Rp100 jutaan,” tandasnya.

Terpisah, Kelapa BPBD Kabupaten Tulangbawang Noermal mengungkapkan jika pihaknya telah menerima laporan angin puting beliung di kampung mahabang. “Iya, anggota sudah meluncur ke lokasi siang tadi,” ucapnya.

Saat ditanya terkait detail peristiwa, pihaknya mengaku belum mendapatkan laporan dari anggota di lapangan, mengingat jarak lokasi yang cukup jauh dari pusat kota dan akses yang sulit.

Noermal menerangkan, kecamatan Denteteladas yang tepat berada di bibir laut masuk di dalam peta bencana angin puting beliung. “Memang di daerah Dente itu paling rawan untuk puting beliung, mengingat daerahnya yang sangat terbuka,” ujarnya.

Selain di Denteteladas, kecamatan yang masuk dalam kategori rawan puting beliung di Tulangbawang adalah Gedungaji. “Tahun ini baru di Dente kejadian puting beliung,” jelasnya.

Selain mengirim anggota langsung untuk cek lokasi kejadian, Noermal juga mengirimkan bahan bahan makanan siap saji untuk korban terdampak. “Kita sudah kirim bantuan makanan, beberapa tenda jika memang diperlukan. Ada empat orang anggota dan satu unit mobil rescue yang berangkat,” tutupnya. (nal/gus)

Komentar

Rekomendasi