oleh

Arinal-Nunik, Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Baru Versi Rakata

radarlampung.co.id – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim dipastikan memenangakan Pilgub 2018, versi perhitungan cepat Lembaga Survey Institute Rakata, di Hotel Emersia, Bandarlampung, Rabu, (27/6).

Direktur Institute Rakata Eko Kuswanto mengatakan, meski data belum mencapai 100 %, dirinya menyimpulkan bahwa paslon nomor empat Djunaidi-Chusnunia Chalim dipastikan menang Pilgub Lampung 2018.

“Meski data kurang 20% yang kami himpun, tapi kami bisa simpulkan bahwa paslon Arinal-Nunik sebagai calon Gubernur baru Lampung,” ujarnya.

Eko menjelaskan, data yang masuk 80,29%, Arinal-Nunik memperoleh suara 34,21%, disusul dengan Paslon Herman HN-Sutono dengan suara 27,68%, kemudian Ridho-Bachtiar 26,70%, sedangkan Mustafa-Ahmad Jajuli 11,41%.

Dia menuturkan, dengan margin of error +-2%, maka dipastikan perolehan suara Arinal-Nunik tersebut tak bisa dikejar Paslon lainnya. Terlebih, sudah ada 8 kabupaten data yang masuk mencapai 100%. Sehingga telah dapat disimpulkan bahwa Arinal-Nunik memenangkan Pilgub.

“Jika dilihat dari trennya, sejak data masuk 40% sampai 80% menunjukkan stabilitas bahwa Arinal-Nunik unggul dari tiga paslon lainnya,” tuturnya.

Ia menambahkan, Arinal-Nunik menang di lima kabupaten/kota. Sementara Herman HN-Sutono hanya unggul di Kota Bandarlampung, yang populasi pemilihnya cukup besar. Sedangkan petahana Paslon M Ridho-Bachtiar unggul di tujuh kabupaten/kota. Tapi, ada di satu kota seri antara Ridho dan Arinal.

“Meski Arinal-Nunik lebih sedikit daerah kemenangannya, tapi dia unggul di wilayah yang populasinya paling padat di Lampung seperti di Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Selatan,” tandasnya. (ndi/ang)



Komentar

Rekomendasi