oleh

Diduga Penyebab Keracunan Tiga Jenis Makanan yang Sudah Basi

radarlampung.co.id – Sebanyak 424 orang warga  Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan mengalami keracunan  usai menyantap hidangan pesta, Selasa (3/7) lalu.

Diduga, penyebabnya tiga dari 12 jenis makanan yang disampling oleh petugas medis dipastikan mengalami proses pembusukan alias basi. Tiga jenis makanan tersebut yakni bakso daging, pare tumis dan ayam sayur.

Data yang dihimpun Radar Lamsel (grup radarlampung.co.id) hingga Kamis (5/7) sore sedikitnya 424 pasien telah ditangani. Rinciannya terdiri dari 276 rawat jalan, 39 orang ditangani Puskesmas Candipuro, 77 orang dirawat di posko kesahatan, 5 pasien dirawat di Puskesmas Sidomulyo, sedangkan data terbaru 18 orang dilarikan ke RSUD Bob Bazar Kalianda.

Camat Candipuro Wasidi menuturkan, data yang diterima sekitar 800-an undangan yang disebar dengan jumlah kehadiran tamu berada dikisaran 500 orang. Kemungkinan yang terkena sakit perut kata dia tamu yang hadir diatas jam 12 siang.

“Pada intinya banyak yang tidak dirawat inap, hanya saja masyarakat yang merasa kondangan dan ikut makan. Sebagai antisipasi, kami sudah minta agar memeriksakan kesehatannya kepada petugas medis,” sebut Wasidi.

Namun begitu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamsel baru dapat memastikan hasil uji laboratorium sampling makanan dalam enam hari ke depan.

Kepala Dinkes Lamsel dr. Jimmy Hutapea menjelaskan, hasil uji laboratorium diperkirakan baru dapat dipublikasikan paling lambat enam hari usai diserahkan ke petugas laboratorium.

“Paling cepat tiga sampai enam hari ke depan, saat ini kami fokus menangani pasien yang sakit baik itu di posko kesehatan maupun yang dirawat di Puskesmas dan RSUD Bob Bazar Kalianda,” kata Jimmy, saat menyambangi Desa Banyumas Kecamatan Candipuro, Kamis (5/7).

Diberitakan, ratusan warga keracuban pasca menyantap hidangan pesta pada acara hajatan yang digelar tuan rumah Ujang Opik (52) warga setempat. (ver/rnn/gus)



Komentar

Rekomendasi