radarlampung.co.id – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesian (RI) Zulkifli Hasan, meresmikan Pekon Rigis Jaya sebagai Kampung Kopi di Kecamatan Air Hitam, Lampung Barat (Lambar), pada Minggu (22/7).

Selain itu, Zulkifli Hasan bersama Direktur Jendral (Dirjen) Perekebunan Kementrian Pertanian Bambang melakukan Panen Raya Kopi di Kampung Kopi yang digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam rangka Festival Kopi.

Ketua MPR RI asal Lampung tersebut menceritakan masa kecilnya yang berasal dari petani kopi dan lada di Lrovinsi Lampung ini. Dan bisa menjadi MPR RI juga dari letani kopi dan lada.

“Masa kecil saya, saya nanam kopi yang diselingi lada membantu ayah saya, dan setelah itu untuk modal saya sekolah” ungkap Ketua Umum PAN tersebut.

Ia meminta kepada masyarakat Lampung Barat khususnya untuk jangan minder dengan asal usulnya sebagai anak seorang petani untuk menggapai cita citanya. Dan untuk merealisasikan cita cita harus dengan pendidikan dan belajar.

“Jadi jangan minder jadi anak petani, saya juga jadi MPR ini dari anak petani kopi dan Lada, yang penting mau belajar, mau sekolah dan berusaha, mudah mudahan ada nanti ada jadi MPR, Kapolri atau Menteri,” imbaunya.

Ia juga meminta kepada pemerintah setempat untuk memperhatikan dan membantu pendidikan kepada anak petani.

Dan mengenai kopi yang perlu di atasi adalah tentang tata niaga, disini Ditingkat petani sekilo hanya sekitar Rp. 20 ribu tapi di cafe ternama segelas kopi mencapai Rp. 60 Ribu bahkan Kalau Kopi Luwak sampai 200 ribu per gelasnya.

“Jadi yang menjadi PR adalah Tata Niaga untuk masalah kualitas dan produksi saya rasa semakin kesini semakin lebih baik. Kata Zulkifli,” tandasnya. (jks/ang)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *