oleh

KKN Kebangsaan 2018 Provinsi Lampung Resmi Dibuka

radarlampung.co.id – Pembukaan KKN Kebangsaan 2018 Provinsi Lampung bersama Badan Kerjasama (BKS) PTN Wilayah Barat, bertema ‘Merajut Kebersamaan Dalam Kebhinekaan’ (Pill Pesenggiri) berlangsung di Gedung Basa Raya Jl. Soekarno-Hatta, Bay pass, Bandarlampung, Senin (23/7).

Turut Hadir, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Dr. (HC) Zulkifli Hasan, MM, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia di Wakili Staf Ahli Bidang Akademik Prof. Paulina Pannen, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) diwakili Deputi Penempatan Teguh Hendro Cahyono.

Gubernur Lampung diwakili, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar MM, Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, MP. Angota Fokorpimda Provinsi Lampung. Para Bupati/Walikota se-Lampung, Mahasiswa dan para tamu undangan lainnya.

Staf Ahli Bidang Pendidikan, Kemenristek Dikti, Prof. Paulina Pannen dalam sambutannya mengatakan, KKN Kebangsaan memiliki nilai dan tujuan tersendiri, yakni meningkatkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme bagi mahasiswa maupun masyarakat.

“Hasil dari KKN ini adalah blueprint tentang penyelesaian masalah yang diperoleh langsung oleh mahasiswa saat berinteraksi langsung dengan masyarakat,”ujarnya.

Selain itu, dengan masuknya dunia pada era pembangunan dan perkembangan yang luar bisa, ia berharap mahasiswa terus menempa diri agar kelak mampu menjadi penyeimbang dan solusi bagi kemajuan bangsa.

Dilanjutkan dengan Pembukaan acara Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2018, dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pendidikan, Kemenristek Dikti Prof. Paulina Pannen.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, MP mengatakan sebanyak 641 mahasiswa yang mengikuti KKN Kebangsaan ini merupakan yang terbaik di masing-masing PTN.

“Saya harapkan dapat memperkokoh semangat nasionalisme, rasa kebangsaan, dan menjadi ajang persaudaraan antar mahasiswa dari berbagai PTN,”ujarnya.

KKN Kebangsaan bersama BKS-PTN ini juga dimaksudkan agar dapat meningkatkan interaksi pemahaman dan kepeduliaan mahasiswa dari berbagai PTN se-Indonesia terhadap nilai-nilai kebanggaan bangsa untuk merajut persatuan dan kesatuan NKRI.

Hasriadi menambahkan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan (Kemenristek Dikti) yang telah memberikan kesempatan kepada Universitas Lampung untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan KKN Kebangsaan tahun 2018.

“Saya juga berterima kasih kepada Kepala Daerah Tanggamus, Tulangbawang Barat dan Lampung Timur yang telah mempersilahkan pihaknya melaksanakan KKN kebangsaan di daerahnya, hal ini merupakan kehormatan, serta kebahagiaan tersendiri untuk keluarga besar Unila,”pungkasnya. (hen/ynk)

Komentar

Rekomendasi