oleh

Gempa Berkekuatan 5,5 SR Guncang Pesisir Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

radarlampung.co.id – Gempa yang berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) terjadi di Pesisir Barat (Pesbar), Lampung, Kamis (23/8) sekitar pukul 10.44 WIB. Kedalaman gempa 10 km dan tidak berpotensi Tsunami.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung, titik koordinat gempa berada di 6,51 lintang selatan (LS) dan 103,44 bujur timur (BT) dengan pusat kedalaman gempa 156 km barat daya Pesisir Barat Lampung

Kepala Seksi Data dan Formasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, terjadinya gempa ini dikarenakan subtusi lempeng indo australia yang ada di wilayah samudera hindia sebelah barat sumatera menyusup kebawah lempeng eurosia.

Baca :   Diperkosa hingga Hamil Enam Bulan, Ketahuan Perut Membesar

“Jadi disitu penyebabnya terjadinya gempa ini. Kalau dilihat dari pergerakannya ya dimungkinkan akan ada terjadi gempa susulan. Tetapi kapan akan terjadinya itu kami belum bisa memprediksi dan menjelaskan,” ujarnya kepada radarlampung.co.id, melalui sambungan telponnya.

Dan ia pun menghimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG Lampung. “Jangan tertipu dengan info hoax. Apabila ingin mendapatkan informasi  bisa langsung ditanyakan ke BMKG,” tandasnya. (rlo/ang)

Komentar

Rekomendasi