Lifestyle Hati-hati! 5 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Kesehatan

Hati-hati! 5 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Kesehatan

Ilustrasi Depresi. Foto Istimewa
Ilustrasi Depresi. Foto Istimewa

radarlampung.co.id – Menjaga kesehatan wajib hukumnya. Dengan tubuh yang sehat, jiwa dan pikiran pun akan sehat, selaras, dan seimbang. Tubuh yang sehat juga membuat Anda dapat melakukan berbagai kegiatan tanpa hambatan.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan. Selain dengan mengatur asupan gizi harian dan rutin berolahraga, Anda juga harus menghentikan berbagai kebiasaan buruk yang diam-diam dapat merusak kesehatan.

Dilansir dari laman VeryWellHealth, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang tak Anda duga, yang sesegera mungkin harus Anda hentikan demi kesehatantubuh Anda.

  1. Mengenang masa lalu yang pahit

Tak ada hal baik yang didapat dari mengenang masa lalu yang pahit. Dampaknya terhadap kesehatan psikologis terbukti lewat sebuah studi yang dipublikasikan melalui “Behaviour Research and Therapy” baru-baru ini.

Studi ini menemukan bahwa jika Anda hanya fokus secara kompulsif pada kesusahan ketimbang mencari solusi, akan rentan mengalami gejala depresi. Semakin banyak orang berpikir tentang peristiwa yang membuat stres, maka semakin besar kemungkinan mereka mengalami depresi.

Daripada buang-buang waktu mengingat hal-hal pahit di masa lalu yang tak mungkin Anda ubah, lebih baik fokuslah pada hari ini dan masa depan. Nikmati hari-hari yang Anda jalani, cari solusi segala permasalahan akibat masa lalu, dan rencanakan masa depan yang lebih baik.

  1. Mengeluh

Studi 2011 yang diterbitkan dalam “Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology” menemukan hubungan antara perilaku percakapan yang berorientasi negatif dengan depresi. Disebutkan bahwa anak-anak yang cenderung terus-terusan berkonflik dengan teman-teman sebanyanya, lebih mungkin terdiagnosis depresi.

Studi lain pada 2008 yang dipublikasikan dalam jurnal “Hormones and Behaviour”, menemukan bahwa berbicara dengan teman dalam konteks negatif dapat meningkatkan hormon stres, khususnya pada wanita. Berbicara dengan teman sebetulnya dapat mengurangi stres, tapi mengulang-ulang pembicaraan mengenai kesulitan yang tengah Anda hadapi, akan meningkatkan emosi negatif dan membuat diri Anda terjebak pada suasana hati yang buruk.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini