oleh

Formula 1 GP Belgia: Kecelakaan besar warnai kemenangan Vettel atas Hamilton

radarlampung.co.id – Sebastian Vettel merebut kemenangan atas Lewis Hamilton pada balapan Formula 1 GP Belgia yang diwarnai kecelakaan dramatis di tikungan pertama.

Balapan dimulai, tapi kecelakaan besar sudah terjadi di tikungan pertama. Bagi fans Formula 1 pemandangan mobil melayang langsung membawa kembali memori insiden yang serupa pada GP Belgia 2012. Waktu itu Fernando Alonso harus melihat mobil Romain Grosjean melayang tepat di depan kepalanya. Kali ini justru Alonso yang melintas di depan kepala pembalap lain yakni Charles Leclerc.

Tapi Alonso bukan pihak yang bersalah, melainkan Nico Hulkenberg yang telat mengerem dan mengunci bannya. Akibatnya pembalap Renault itu meluncur tak terkendali dan menabrak keras bagian belakang mobil Alonso hingga terpental ke arah Leclerc.Di tengah-tengah kekacauan, beberapa pembalap lain juga saling bersenggolan dan mengalami kerusakan seperti Kimi Raikkonen yang mengalami bocor ban di sebelah kiri belakang. Sementara Daniel Ricciardo harus masuk ke garasi karena mayoritas sayap belakangnya sudah terlepas.

Saat melaju di lurusan Kemmel, Vettel berhasil menyalip Hamilton sekaligus mengambil alih pimpinan. Pembalap Ferrari itu melakukan manuver yang krusial karena beberapa saat kemudian Safety Car diterjunkan. Di belakang mereka, Sergio Perez menyalip rekan setim, Esteban Ocon, untuk naik ke posisi ketiga.

Balapan kembali dilanjutkan dan Vettel langsung berusaha melepaskan diri dari kejaran Hamilton. Ia membangun jarak keunggulan dua detik beberapa lap setelah restart. Max Verstappen juga tampak tidak mau menghabiskan waktu lama, dan merangsek ke posisi tiga di lap kesepuluh setelah melengserkan duo Force India.

Pertarungan berjalan stabil di depan, dan Hamilton mengambil inisiatif untuk melakukan pit stop lebih dulu pada lap ke-22. Vettel merespons rivalnya tersebut dan melakukan hal yang sama di lap berikutnya. Keduanya sama-sama beralih ke kompon soft setelah di awal memakai supersoft.

Vettel berhasil menjaga posisi pimpinan ketika keluar dari pit lane, sementara Hamilton harus menyalip Verstappen di lurusan Kemmel untuk kembali ke posisi dua dan memangkas keunggulan Vettel menjadi 1,9 detik. Namun hingga akhir balapan, dua penantang titel tersebut tidak cukup dekat untuk melakukan duel.

Trofi juara balapan akhirnya direbut oleh Vettel yang melintasi garis finis di urutan pertama dengan selisih besar dan mencapai 11 detik di depan Hamilton. Dalam persaingan klasemen, Vettel juga memangkas ketertinggalannya menjadi 17 poin di bawah pembalap Inggris Raya tersebut.

Sejak menyalip mobil-mobil Force India, Verstappen dengan mudah finis ketiga untuk melengkapi podium.

Valtteri Bottas berjuang dari posisi belakang dan sempat melakukan manuver overtake luar biasa terhadap Brendon Hartley di Eau Rouge. Di penghujung balapan, pembalap Finlandia itu menyalip satu lagi pembalap, yakni Perez, sebelum mengakhiri balapannya di urutan keempat.

Setelah mencetak hasil kualifikasi terbaiknya, Esteban Ocon harus puas dengan finis keenam. Ia menyelesaikan balapan di depan duo Haas, Romain Grosjean dan Kevin Magnussen. Pierre Gasly dan Marcus Ericsson melengkapi sepuluh besar.

Selain tiga pembalap yang terlibat langsung dalam kecelakaan tikungan pertama, Raikkonen dan Ricciardo juga akhirnya ikut gagal finish karena kerusakan yang terlalu parah. (motorsport/rlo)

Hasil balapan GP Belgia:

PosPembalapTimGap
1Germany Sebastian VettelFerrari
2United Kingdom Lewis HamiltonMercedes11.061
3Netherlands Max VerstappenRed Bull31.372
4Finland¬†Valtteri BottasMercedes1’03.605
5Mexico¬†Sergio PerezForce India1’11.023
6France¬†Esteban OconForce India1’19.520
7France¬†Romain GrosjeanHaas1’25.953
8Denmark¬†Kevin MagnussenHaas1’27.639
9France¬†Pierre GaslyToro Rosso1’45.892
10Sweden Marcus EricssonSauber1 lap
11Spain Carlos Sainz Jr.Renault1 lap
12Russian Federation Sergey SirotkinWilliams1 lap
13Canada Lance StrollWilliams1 lap
14New Zealand Brendon HartleyToro Rosso1 lap
15Belgium Stoffel VandoorneMcLaren1 lap
16Australia Daniel RicciardoRed Bull
17Finland Kimi RaikkonenFerrari
18Monaco Charles LeclercSauber
19Spain Fernando AlonsoMcLaren
20Germany Nico HulkenbergRenault

Komentar

Rekomendasi