oleh

Medali Emas ke-31 untuk Merah Putih dari Sepak Takraw

radarlampung.co.id – Kontingen Indonesia di Asian Games 2018 kembali menambah pundi-pundi medali. Kali ini medali emas untuk Merah Putih diraih dari cabang olahraga sepak takraw nomor kuadran.

Bertanding di Hall Ranau, Jakabaring Sport City, Sabtu (1/9) siang, Saiful Rijal dkk berhasil menang melalui pertandingan tiga set 2-1 (15-21, 21-14, dan 21-16) atas tim Jepang.

Kemenangan itu penuh dengan drama karena tim Jepang pada set pertama menunjukkan permainan yang konsisten dan rapi.

Beberapa kali Saiful dkk gagal mengantisipasi smash keras daritim Jepang. Alhasil, set pertama menjadi kemenangan Jepang.

Pada set pertama itu pemain Indonesia sering melakukan kesalahan sendiri saat servis. Rupanya, tepuk riuh penonton dan harapan tinggi bisa meraih emas membuat permainan terbaik atlet merah putih tak keluar.

Barulah pada set kedua tim tuan rumah bisa bermain lebih tenang. Poin demi poin didapatkan sampai akhirnya mereka Saiful dkk sukses membalas kekalahan di set pertama dan membuat kedudukan imbang 1-1 setelah menutup set kedua dengan skor 21-14.

Memasuki set ketiga yang menjadi penentu kemenangan, pemain-pemain Indonesia menunjukkan kepecayaan diri dan motivasi tinggi. Mereka langsung leading dan sempat unggul jauh hingga 12-7.

Hanya saja Jepang pelan-pelan bisa mengejar sampai skor berubah 15-12. Meski demikian para penggawa Merah Putih tak mau menyi-nyiakan kesempatan untuk memperbesar selisih menjadi 18-13.

Namun, Jepang tak mau menyerah begitu saja. Skor sempat mendekat 19-15.

Setelah laga dihentikan sejenak karena bola smash lawan mengenai kepala Pago Rizky, permainan Indonesia semakin tenang. Kedudukan menjadi 20-16 saat Saiful secara brilian melepaskan smash yang sempat diblok pemain Jepang tapi masuk ke daerah sendiri.

Skor pun berakhir untuk kemenangan Indonesia 21-16. Kemenangan itu membuahkan medali ke-31 bagi Indonesia di ajang pesta olahraga negara-negara se-Asia itu.

Raihan medali Indonesia saat ini sudah hampir dua kali lipat dari target pemerintah yang mengincar 16 emas dan duduk di posisi sepuluh besar Asia. Saat ini, Indonesia ada di posisi keempat dan mengoleksi 31 emas dan 24 perak serta 41 perunggu. (jpnn/rlo)

Komentar

Rekomendasi