oleh

6 Penyebab Perut Kram, Bisa Saja Kanker Bukan Haid

Radarlampung.co.id – Perut kram biasanya dialami perempuan ketika masa haid atau menstruasi tiba. Namun, kram perut seperti kembung juga menghampiri perempuan ketika di luar masa haid. Jika sering mengalami kram perut lebih baik Anda memeriksakan diri.

Sebab, ada kram perut juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan perut Anda. Dilansir dari Women’s Health, Senin (8/10), perubahan hormonal yang berkaitan dengan ovulasi dapat mempengaruhi kondisi medis lainnya. Lalu, apa saja kondisi yang menyebabkan perut kram?

1. Anovulasi

keram perut, penyebab keram perut, nyeri haid, menstruasi,
Perut keram jadi pertama kanker ovarium. (Health)

Sesekali, tubuh Anda mengalami semua perubahan hormonal yang terkait dengan PMS, tetapi jika tubuh tidak benar-benar melepaskan sel telur tersebut, Anda tidak akan mengalami menstruasi. Sepuluh hingga 18 persen dari semua siklus teratur adalah anovulasi. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab seseorang sulit hamil.

2. Kehamilan

Jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom dalam satu bulan terakhir, atau sedang tidak mengonsumsi pil penunda kehamilan, sebaiknya Anda melakukan tes. Banyak gejala kehamilan awal, termasuk nyeri payudara, perubahan suasana hati, kelelahan, termasuk kram.

Komentar

Rekomendasi