oleh

Pemkab Lambar Siap Larang Iklan Rokok Demi Ini

Radarlampung.co.id – Komitmen terhadap Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Kabupaten Lampung Barat pada tahun 2017 lalu menerima penghargaan Pastika Parahita, karena berkontribusi terhadap pengendalian konsumsi tembakau dan memiliki Peraturan Daerah (Perda) KTR tapi belum implementasi di minimal 50%.

Selanjutnya, pada tahun 2018, Lambar mendapatkan penghargaan satu tingkat diatasnya yakni Pastika Prama yang berarti kristal paling unggul dalam memperjuangkan kesejahteraan masyarakat terhadap kabupaten yang memiliki perda KTR dan sudah impelentasi di minimal 50%.

Dengan capaian tersebut, Pemkab Lambar menargetkan untuk meraih penghargaan tertinggi yakni Pastika Away Pariwara. Namun, untuk mencapai tersebut terdapat satu konsekuensi yang diterima, khususnya berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD), mengingat penghargaan tersebut diberikan kepada daerah yang telah memiliki kebijakan atau peraturan dan impelentasi tentang larangan iklan rokok di luar gedung.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lambar Akmal Abdul Nasir, S.H., dikonfirmasi soal itu menegaskan, bahwa Pemkab Lambar tidak khawatir kehilangan PAD dari sektor pajak iklan rokok, karena menurutnya kesehatan masyarakat jauh lebih penting ketimbang PAD yang nilainya juga tidak terlalu besar.

Komentar

Rekomendasi