oleh

Lanjutkan Imunisasi MR Tahap II

radarlampung.co.id – Pelaksanaan imunisasi campak dan rubella (Maesles Rubella/MR) pada sejumlah wilayah di Indonesia belum mencapai target 95 persen dari sasaran 32 juta anak.

Daerah yang cakupan imunisasi MR masih sangat rendah yakni Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Riau. Termasuk beberapa daerah yang tahun ini mengalami bencana alam seperti Lombok dan Palu serta Donggala di Sulawesi Tengah.

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan drg. R. Vensya Sitohang, M.Epid. mengatakan, pemberian vaksin tersebut akan dilanjutkan pada tahap kedua hingga 31 Desember 2018 mendatang.

Virus Campak dan Rubella sangat berbahaya bagi anak-anak dan ibu hamil. Sebab ini bisa menyebabkan kecacatan pada anak. Termasuk anak yang dilahirkan dari ibu yang terserang virus.

”Satu-satunya cara untuk menghindari virus itu adalah dengan imunisasi MR. Untuk itu, Kemenkes telah melanjutkan waktu kampanye Imuninasi MR fase kedua hingga 31 Desember 2018,” kata Vensya Sitohang.

Dilanjutkan, hingga 31 Oktober, imunissi sudah diberikan kepada 21,4 juta anak atau 66,9 persen dari target. ”Targetnya, 395 kabupaten/kota bisa mencapai 95 persen cakupan imunisasi MR. Namun kondisi saat ini baru 102 kabupaten/kota. (fin/ais)

 

Komentar

Rekomendasi