oleh

Ini Kesalahan KPU Lampura

radarlampung.co.id – KPU Lampung Utara dinilai tidak cermat dalam menyikapi berkas Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Berkarya. Akibatnya, keterwakilan perempuan pada dua partai politik itu tidak mencapai 30 persen.

Ini diungkapkan dalam pertimbangan pada keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung terkait kasus kurangnya keterwakilan perempuan pada dua parpol di Lampung Utara, Senin (5/11).

Anggota Bawaslu Lampung Hermansyah mengatakan, KPU Lampung Utara tidak cermat dalam menyikapi pengunduran diri calon anggota legislatif (caleg) PBB dari daerah pemilihan (Dapil) 2. Akibatnya, keterwakilan perempuan pada dapil tersebut tidak memenuhi 30 persen.

Kemudian ada kesalahan penafsiran kuota 30 persen. Di mana, pada Dapil 4 Partai Berkarya dan Dapil 2 PBB, keterwakilan perempuan hanya mencapai 28,75 persen. Namun dilakukan pembulatan oleh operator menjadi 30  peren.

”Saat dicek kembali usai penetapan DCT, ternyata kekurangan kuota 30 persen perempuan,” sebut  Hermansyah saat membacakan pertimbangan. (rma/ais)

 

Komentar

Rekomendasi