oleh

Ini Langkah KPU Lampura

radarlampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Utara menyatakan segera menindaklanjuti keputusan Bawaslu Lampung terkait kasus kurangnya keterwakilan perempuan pada dua parpol.

Ketua KPU Lampura Marthon mengatakan, pihaknya akan memperbaiki daftar calon tetap (DCT). ”Untuk PBB, akan kami cermati pengunduran diri caleg. Karena tidak sah, ya tidak ditandatangani oleh ketua dan sekretaris. Namun tanda tangan dirinya dan ketua tim pemenangan. Karena itu akan kami kembalikan (calon) yang dicoret tetap masuk DCT,” ujar Marthon usai sidang di Bawaslu Lampung, Senin (5/11).

Sementara untuk Partai Berkarya, salah satu caleg laki-laki mundur karena berhalangan tetap (sakit parah) dan mengajukan pengunduran diri. ”Memang sudah mengundurkan diri, namun tidak dicermati. Karena itu caleg tersebut akan dicoret dalam DCT,” sebut dia.

Sebelumnya, caleg perempuan dari Dapil 2 PBB hendak mengundurkan diri. Tapi dianggap tidak sah lantaran tidak diketahui ketua dan sekretaris. Namun KPU Lampura tetap memproses hal ini.

Kemudian untuk Partai Berkarya, caleg yang mundur karena sakit juga dimaksudkan mencukupkan keterwakilan perempuan yang berlebih. Namun ini tidak direspon KPU Lampura.

Padahal pengunduran diri diajukan sebelum penetapan DCT. Ini yang membuat kedua partai hanya memiliki keterwakilan perempuan 28,75 persen. Namun dibulatkan oleh petugas teknis KPU Lampura. (rma/ais)

Komentar

Rekomendasi