oleh

Jadi Wartawan Harus Punya Kompetensi!

radarlampung.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan XVIII 2018, Senin (5/11). Kegiatan tersebut diikuti 50 peserta dari berbagai media.

Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Firdaus mengatakan kompetensi menjadi keharusan bagi semua profesi. Tidak terkecuali wartawan.

”Beda antara profesional dan masyarakat, terletak pada kompetensinya. PWI akan mempertahankan kompetensi sebagai sebuah kekuatan. Tanpa itu, wartawan bukan apa-apa,” kata Firdaus.

Wartawan berkompetensi, terus Firdaus, bisa menjadi filter dari berita hoax yang dapat meruntuhkan tatanan masyarakat.

Sementara Pj. Sekprov Lampung Hamartoni Ahadis yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, untuk mencapai kompetensi diperlukan proses pengujian dengan tolok ukur dan kriteria yang sudah ditentukan.

”Wartawan memang satu komunitas yang menjadi profesi di Indonesia, dan mengalami metamorfosis. Kompetensi mutlak harus dimiliki. Profesi adalah satu kehormatan, karena itu harus dijaga,” katanya.

Sementara Plt. Ketua PWI Lampung Nizwar mengatakan, hingga 2017 sudah 600 wartawan yang mengikuti uji kompetensi. (ega/gie/ais)

Komentar

Rekomendasi