oleh

Kamu Sudah Berjuang Ibu Muda!

Usai Caesar, Ikut Tes CPNSD

radarlampung.co.id – Langkahnya tertatih. Namun Nofia Dewi Pamungkas (26), tetap semangat mengikuti tes CPNSD yang berlangsung di Pringsewu, Senin (5/11).

Ibu muda ini baru saja melahirkan putrinya, Kamis (1/11). Melalui operasi caesar. Bayi perempuan dengan berat 3,1 kilogram itu diberi nama Qiandra Ziviona Merzon.

Dalam kondisi belum sepenuhnya pulih, ia harus menuju lantai empat SMA Yadika Pagelaran. Beruntung, sang suami Beni Merilzon (28), setia menemani wanita yang tinggal di Jalan Nunyai, Gg. Hi. Ismail, Kecamatan Rajabasa, Bandarlampung tersebut.

”Baru Minggu (4/11) keluar dari rumah sakit. Hari ini langsung ikut tes (CPNSD),” kata Beni.

Lelaki bertubuh sedang ini menuturkan, istrinya pulang dengan alasan ingin dirawat di rumah. ”Nggak ngomong, kalau mau ikut tes (CPNSD),” sebut dia.

Sebenarnya, Beni sudah menyarankan agar istrinya tidak mengikuti tes CPNSD. ”Habis lahiran, sudah saya sarankan nggak usah ikut. Nanti, kalau ada bukaan CPNS lagi. Tapi, mau gimana lagi. Istri sudah merengek sampai menangis. Dari semalam tetap pengen ikut tes,” cerita Beni.

Saat Nofia mengikuti tes sesi empat yang berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB, Beni dan ibunya menunggu di ruang sekretariat panitia. Tidak ketinggalan putri cantik yang baru saja lahir. Seolah memberi dukungan kepada ibunya, bayi ini pun tidak terlihat rewel.

Sekitar pukul 16.00 WIB,  Nofia keluar dari gedung SMA Yadika. Langkahnya tertatih. Dituntun sang suami, wanita berkacamata ini berjalan sambil memegangi perutnya.

Sayang, hasil tes yang diikuti Nofia kurang memuaskan. Nilainya tidak memenuhi passing grade. Untuk tes wawasan kebangsaan (TWK) ia mendapatkan nilai 75. Kemudian Tes intelegensia umum (TIU) memperoleh 85 dan 133 untuk nilai tes karakteristik pribadi (TKP).

Berdasar Permenpan Nomor 37/2018 ambang batas passing grade  adalah 75 untuk TWK, 80 untuk TIU dan 143 untuk nilai TKP.

Tiba di ruang tunggu, Nofia lebih banyak diam. Mungkin karena masih lelah setelah mengikuti tes CPNSD. Atau karena  sedikit kecewa lantaran tidak lolos.

Nofia mengaku dirinya bisa mengerjakan soal tes dengan baik. ”Ya, tetap bisa konsentrasi mengerjakan soal. Cuma, begitu waktu mau habis, sudah nggak fokus,” kata Nofia.

Sementara Kasubid Pengadaan Kepala BKPSDM Pringsewu Eko Junaidi mengatakan, hingga hari kelima tes, peserta yang lulus passing grade tidak lebih dari 10 persen.

”Baru 137 orang yang memenuhi passing grade. Rata-rata peserta gugur pada Tes TIU. Meskipun total nilai melebihi ambang batas, tetapi jika salah satu di antara TKP, TIU dan TWK kurang, peserta dinyatakan tidak memenuhi passing grade,” kata Eko mewakili Kepala BKPSDM Pringsewu M. Dawam Raharjo. (mul/ais)

 

Komentar

Rekomendasi