oleh

Hanya 127 Pelamar Capai Passing Grade

Radarlampung.co.id – Kuota Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada rekrutmen CPNS tahun 2018 ini tampaknya tidak akan terpenuhi.

Sebab, jika dilihat dari pencapaian nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS ini, hanya 127 pelamar saja yang memenuhi syarat passing grade, dari total 3.537 pelamar yang hadir mengikuti SKD di Wisma Haji Al-Khairiiyah Kota Metro pada tanggal 2-4 November 2018 (pekan lalu) tersebut.

Sementara untuk lolos SKD CPNS tahun ini, passing grade mencapai skor minimal 298 dengan rincian 143 poin untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 poin untuk Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 75 point untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

“Kuota untuk Kabupaten Tubaba ada 283 formasi, tapi yang mencapai passing grade pada SKD kemarin hanya 127 pelamar saja. Yang tidak lolos pasing grade merata jatuh di setiap bidang, baik TIU, TWK ataupun TKP, namun paling banyak gugur di TKP. Hasil SKD akan diumumkan di web resmi BKD Tubaba tanggal 15-21 November mendatang,” ungkap Kabid Pengadaan, Mutasi, dan Diklat, Syahlan mendampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Kabupaten Tubaba, Lekok di ruang kerjanya, Selasa (6/11).

Namun menurutnya, pencapaian passing grade belum menjadi penentu bisa mengikuti tahapan selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada tanggal 22-28 November 2018. Sebab, masih akan disesuaikan dengan jumlah formasi yang tersedia.

“Misalnya formasi bidan hanya ada 5 tapi yang memenuhi syarat nilai passing grade ada 18, yang berhak mengikuti SKB hanya 15, karena ketentuan berdasarkan Permenpan Nomor 36 tahun 2018 adalah 3 kali formasi. Jadi kemungkinan akan di rangking, dan dalam hal ini BKN yang akan menetapkannya, sedangkan BKD Tubaba hanya mengumumkan hasil SKD saja,” terangnya. (fei/ded/kyd)

Komentar

Rekomendasi