oleh

Siapkan Jalur Alternatif Antisipasi Jalinbar Lumpuh

radarlampung.co.id – Pemkab Tanggamus bergerak mengantisipasi kemungkinan longsor yang terjadi di jalan lintas barat (Jalinbar). Salah satunya menyiapkan jalur alternatif.

Bupati Dewi Handajani menegaskan, harus dilakukan antisipasi sedini mungkin sebelum bencana. Tahap awal, memetakan titik yang kerap longsor.

”Saya melihat dan mengkaji ada beberapa titik rawan longsor. Khususnya di sepanjang Pekon Batukeramat. Bisa kita bayangkan, jika bencana longsor maupun badan jalan ini amblas. Poros jalan tidak bisa dilalui,” kata Dewi saat meninjau titik yang kerap longsor di Pekon Batukeramat, Kecamatan Kotaagung Timur, Selasa (6/11).

Karena itu, terus Dewi, pemkab sudah menyiapkan rencana jalur alternatif. Jika terjadi longsor dan akses utama Jalinbar lumpuh, maka dibuat jalur alternatif dari Kecamatan Gisting tembus ke Islamic Center, Pekon Kedamaian, Kecamatan Kotaagung.

Dewi menuturkan, rencana ini memang memerlukan proses yang panjang dan perlu kajian akademik. Karena itu ia meminta Dinas PUPR dan Bappeda menindaklanjutinya.

”Ini harus dikaji terlebih dahulu. Alternatifnya seperti apa. Baru kemudian dibuat perencanaan langkah antisipasi jika terjadi bencana yang menyebabkan jalur Batukeramat putus,” urainya. (iqb/ais)

 

Komentar

Rekomendasi