oleh

Wartawan Radar Lampung Peserta UKW Terbaik

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 47 dari 48 peserta yang mengikuti Uji Kopetensi Wartawan (UKW) angkatan XVIII 2018, dinyatakan berkompeten, setelah mengikuti ujian yang digelar PWI Provinsi Lampung, sejak Senin (5/11) kemarin.

Selain itu, adapula tiga peserta yang dinyatakan sebagai peserta dengan hasil terbaik di masing-masing tingkatan. Di antaranya, untuk tingkat Muda atas nama Anggi Rhaisa yang merupakan wartawan SKH Radar Lampung, tingkat Madya atas nama Riko Anggara, serta tingkat Utama atas nama Samsul B. Nasution.

“Kami dari penguji UKW mengucapkan selama kepada teman-teman yang berhasil menjadi peserta terbaik dan juga para peserta yang telah dinyatakan berkompeten setelah mengikuti UKW ini,” kata Direktur UKW PWI Pusat Rajab Ritonga.

Lebih jauh dia mengatakan, kopetensi diibaratkan sebuah struktur lambang segitiga. Dimana pada bagian dasar wartawan harus mampu mengusai keterampilan. Lalu, wartawan juga harus memiliki pengetahuan umum, serta memiliki kesadar terhadap keadaan, memiliki naluri kewartawanan, serta etika yang baik.

Kopetensi juga merupakan satu hal penting yang harus dimiliki wartawan, agar kualitas profesionalisme bisa ditingkatkan. Serta menjaga martabat profesi jurnalis agar tidak mudah disalahgunakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

“Dalam hal ini saya ingin memberikan apresiasi kepada teman-teman yang mau datang kemari (PWI Lampung, Red) untuk diuji kepetensinya. Kemudian di tahun memdatang, kita juga akan menambahkan 2 mata uji pada UKW, yakni Etika dan Hukum,” tukasnya. (ega/sur) 

Komentar

Rekomendasi