oleh

Besok, Panca Bhakti Gelar Wisuda Bersama TA 2017/2018

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 197 lulusan Akademi Keperawatan (Akper) dan Akademi Kebidanan (Akbid) Panca Bhakti Bandarlampung  mengikuti prosesi perpisahan Rabu (7/11) siang ini. Kesemuanya telah diangkat sumpah dan dilantik sebagai Ahli Madya Kebidanan (Amd.Keb) dan Ahli Madya Keperawatan (Amd.Kep). Besok (8/11), kesemuanya akan menjalani prosesi wisuda bersama Akbid angkatan XIII dan Akper angkatan XXII di Ballroom Swiss bel-Hotel.

Di antara 197 wisudawan yang akan dikukuhkan, 92 wisudawan berasal dari Akademi Kebidanan dan 105 wisudawan Akademi Keperawatan Panca Bhakti. Dan, hingga saat ini Panca Bhakti telah meluluskan 1128 bidan dan 1.754 perawat.

Direktur Akbid Panca Bhakti Bandarlampung sekaligus Ketua Pelaksana Wisuda bersama Akper dan Akbid Kebidanan Akma Listiana, S.ST,M.Kes  berharap  lulusan akper dan akbid menjaga almameter profesi dan memberikan pelayanan paripurna di masyarakat. Juga terus meningkatkan kompetensi dengan cara mengikuti seminar, workshop, maupun pendidikan lanjut. Serta berkontribusi mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia, khususnya Lampung.

“Wisudawan/i akper dan akbid Panca Bhakti dibekali kompetensi sesuai standar nasional, kemudian bisa bekerja sesuai bidang ilmu. Bahkan 50% wisudawan akper/akbid melanjutkan pendidikan lebih tinggi,” jelasnya.

Ia pun menginformasikan bahwa legalitas Akper dan Akbid Panca Bhakti sudah terakreditasi LAMPTKes, Laboratorium Akper, dan Akbid sudah sesuai standar kompetensi, sistem informasi Kemahasiswaan akademik (Siakkad), MoU dengan semua lahan praktek Dinas Kesehatan Lampung baik Puskesmas maupun Bidan Praktek Mandiri (BPM), serta kerjasama dengan rumah sakit baik pemerintah maupun swasta.

Khusus akbid, ada pelatihan PPGDON (Pelatihan Penatalaksanaan Gawat Darurat Obstetri dan Neonatus) di RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat. “Ini untuk menunjang kompetensi sesuai visi Akbid Panca Bhakti, yakni penatalaksanaan kegawatdaruratan maternal dan neonatal,” ucapnya .

Prosesi pengukuhan wisuda Akper/Akbid Panca Bhakti besok (8/11) mengundang Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2-Dikti) Wilayah II Prof Dr H Slamet Widodo, M.S.,MM, Ketua Yayasan Pendidikan Panca Bhakti Dr. drs. Hi. Nurdiono, SE.MM.Akt.CPA, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lampung Hj. Risneni, S.ST. MKes, Direktur Akper Panca Bhakti Ners. Anton Surya Prasetya, S.Kep.M.Kep.J, perwakilan Dinas Kesehatan Lampung, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Direktur Rumah Sakit Swasta maupun pemerintah, dan pihak-pihak lainnya. (gie/sur) 

Komentar

Rekomendasi