oleh

Rumuskan Itera sebagai Pusat Keunggulan Sumatera

Radarlampung.co.id – Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama para peneliti dan pemangku kepentingan daerah bertajuk Perumusan Itera sebagai Center of Excellence (CoE) se-Sumatera.

Sejumlah pejabat pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota turut hadir di antaranya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung Irsan Mulyadi, Kepala Bappeda Lampung Ir. Taufik Hidayat.

Taufik menyambut baik ide tersebut dan mengajak pemerintah daerah se-Sumatera dapat bersinergi demi kemajuan pembangunan bersama. “Bahwa Itera bukanlah milik Lampung saja,” katanya dalam FGD yang berlangsung di lantai 3 gedung C Itera, Rabu (7/11).

Menurutnya, perlu dilakukan terobosan baru seperti riset, penelitian dan konsep pembangunan yang bisa dirasakan manfaatnya oleh provinsi lain. “Misalnya seluruh Sumatera ini kan punya lahan sawit, nah bagaimana sawit ini bisa diolah sehingga bisa memiliki nilai ekonomis tinggi,” ujarnya.

Forum diskusi ini sendiri menggandeng para peneliti berpengalaman sebagai pemateri dan narasumber kompeten. Sebut saja beberapa diantaranya ilmuan kimia penemu katalis zeolit ZSM-5 Rino Mukhti dan pakar terkemuka teknologi membran I Gede Wenten. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi